Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelaku Bom di Kartasura Rakit di Kamar dan Latihan Meledakan di Sawah

Kompas.com - 06/06/2019, 11:14 WIB
Robertus Belarminus

Editor


SOLO, KOMPAS.com - Pihak kepolisian menyebut, pelaku bom bunuh diri di Pos Polisi Kartasura, RA (22), merakit bom di kamar tidurnya.

"Perakitan di kamar tidurnya sendiri," ungkap Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko A Dahniel, seperti dilansir dari TribunSolo.com, saat memantau keamanan ketika kedatangan Presiden Joko Widodo di Graha Saba Buana, Jalan Letjend Suprapto, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo, Rabu (5/6/2019).

Baca juga: Kapolda Jateng: Orangtua Pelaku Bom Sukoharjo Hampir Dibaiat

Kapolda Rycko yang ditemani Pangdam IV/Diponegoro, Mayjend TNI Mohammad Effendi itu memaparkan, berdasarkan investigasi Detasmen Khusus (Densus) Antiteror 88 dan Tim Gegana, pelaku yang merupakan warga Desa Wirogunan, Kecamatan Kartasura, Sukoharjo itu, melakukan pelatihan peledakan di area sawah di sekitar rumahnya.

"Latihan di sawah buat ledakan-ledakan kecil," terang dia.

"Jadi hari-harinya seperti itu saja," ucap dia.

Namun, lanjut mantan Kanit Banmin Subden Bantuan Densus 8 Antiteror itu, ledakan yang dihasilkan dari rangkaian latihan itu tidak sempurna.

"Cara merakit tidak sempurna, makanya ledakan tidak sempurna, sehingga hanya meledak di sekitar peletakan bom (badan)," ujar dia.

Baca juga: Moeldoko Sebut Rencana Bom Bunuh Diri di Sukoharjo Tak Terdeteksi Polisi

"Ya seperti bom panci, dia hanya robek di perut, tangan, paha dan pinggang," tutur dia.

Sebelumnya, bom bunuh diri meledak di Pospam Lebaran 2019 Kartasura milik Polres Sukoharjo, di simpang Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Kartasura, Sukoharjo, Senin (3/6/2019) pukul 23.00 WIB.

 

---------------

Artikel ini telah tayang di Tribunsolo.com dengan judul: "Kapolda Jateng: Pelaku Bom Kartasura Rakit Bom di Kamar & Latihan Peledakan di Sawah Sekitar Rumah" (Tribunsolo.com/Asep Abdullah Rowi)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com