Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Longsor, Jalur Padang-Solok Kembali Putus

Kompas.com - 05/06/2019, 23:58 WIB
Perdana Putra,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

PADANG, KOMPAS.com - Longsor kembali terjadi di jalan nasional Padang-Solok di Panorama 2 Kilometer 24 Kelurahan Indarung, Kecamatan Lubuk Kilangan, Padang, Sumatera Barat, Rabu (5/6/2019) malam sekitar pukul 20.30 WIB.

Akibatnya akses jalan Padang-Solok terputus sekitar satu jam karena material longsor menutupi jalan sepanjang 7 meter dengan ketinggian 1,5 meter.

Kasi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, Sutan Hendra mengatakan, lokasi longsor sama persis di tempat yang sama saat longsor 3 Juni lalu.

"Kejadiannya sama di Panorama 2 kilometer 24, Kelurahan Indarung, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang," kata Sutan saat dihubungi Kompas.com, Rabu malam.

Baca juga: Longsor, Jalur Padang-Solok Macet Total

Sutan menyebutkan longsor disebabkan karena hujan dan angin kencang yang melanda kota Padang sejak sore hingga malam hari.

Longsor mengakibatkan kemacetan sekitar satu jam mulai pukul 20.30 WIB hingga 21.30 WIB. Setelah itu, akses jalan sudah bisa dibuka kembali.

"Saat mengetahui ada longsor, tim langsung turun ke lapangan. Dalam waktu satu jam, berhasil kita atasi sehingga akses jalan bisa dibuka kembali," ujarnya.

Baca juga: Cuaca Ekstrem, Wagub Sumbar Minta Pemudik Waspada Longsor

Sutan menyebutkan dalam melakukan pembersihan material longsor, pihaknya dibantu oleh TRC Semen Padang, PMI, Polsek Luki, Koramil, Dinas PU Sumbar serta masyarakat.

Untuk mempercepat pengerjaan, diturunkan alat berat dari Dinas PU Sumbar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com