Shalat Id Selesai, Petugas Kebersihan di Makassar Bergegas Kumpulkan Koran Bekas Alas

Kompas.com - 05/06/2019, 08:57 WIB
Usai menunaikan shalat Idul Fitri, puluhan petugas yang tergabung dalam Satgas Kebersihan Kota Makassar langsung bertugas mengumpulkan koran bekas alas shalat ID di Lapangan Karebosi, Rabu (5/6/2019) pagi. KOMPAS.com/HENDRA CIPTO Usai menunaikan shalat Idul Fitri, puluhan petugas yang tergabung dalam Satgas Kebersihan Kota Makassar langsung bertugas mengumpulkan koran bekas alas shalat ID di Lapangan Karebosi, Rabu (5/6/2019) pagi.

MAKASSAR, KOMPAS.com – Usai menunaikan shalat Idul Fitri di Lapangan Karebosi, Rabu (5/6/2019) pagi, puluhan petugas yang tergabung dalam Satgas Kebersihan Kota Makassar langsung bertugas mengumpulkan koran bekas alas.

Setelah mengikuti jalannya pelaksanaan shalat id, petugas kebersihan langsung mengganti pakaiannya dan mengenakan seragam Satgas Kebersihan. Mereka tidak pulang usai shalat dan langsung melaksanakan tugasnya untuk tetap menjaga Kota Makassar bersih.

Puluhan petugas kebersihan itu membantu panitia pelaksanaan shalat id untuk membersihkan koran-koran bekas yang dijadikan alas sajadah yang berserakan.

Baca juga: Khusyuknya Shalat Id di Lapangan Karebosi Makassar meski Gerimis Turun


Selain di Lapangan Karebosi, petugas kebersihan itu terbagi juga untuk membersikan koran bekas yang berserakan di ruas-ruas jalan di sekitar Lapangan Karebosi.

Kabag Humas Pemkot Makassar Muhammad Roem yang dikonfirmasi mengatakan, Satgas Kebersihan memang disiagakan dan langsung bertugas usai pelaksanaan shalat Idul Fitri beberapa wilayah di Kota Makassar.

Menurut dia, Satgas Kebersihan tersebut merupakan petugas kebersihan dari Kecamatan-kecamatan di Kota Makassar.

Baca juga: Potret Toleransi dari Timika, Anak Muda Katolik Kristen, Hindu, Budha Jaga Shalat Id

“Satgas Kebersihan itu memang langsung bertugas untuk mengumpulkan koran-koran bekas alas shalat ID. Usai membersihkan semua koran-koran bekas itu, petugas kebersihan kemudian pulang ke rumahnya berkumpul kembali bersama keluarganya merayakan lebaran,” katanya.

“Makanya usai shalat ID, panitia juga mengimbau jemaah agar membawa dan mengumpulkan sendiri koran-koran bekasnya di kantong-kantong sampah yang telah disiapkan. Sekaligus membantu tugas Satgas Kebersihan, agar bisa cepat menyelesaikan tugasnya,” tutur Roem.

Roem menambahkan, ada beberapa titik pelaksanaan shalat ID selain mesjid di gelar di Kota Makassar. Di antaranya Lapangan Karebosi, Lapangan Hertasning, Lapangan BTP, dan halaman-halaman luas perkantoran di Kota Makassar.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

Close Ads X