Jemaah Hawariun Ansarullah Rayakan Idul Fitri, Gelar Shalat Id hingga Khotbah Berbahasa Ibrani

Kompas.com - 04/06/2019, 10:05 WIB
Jemaah Hawariun Ansarullah di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan tengah menggelar ibadah idil fitri. Selasa, (4/6/2019). KOMPAS.com / ABDUL HAQJemaah Hawariun Ansarullah di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan tengah menggelar ibadah idil fitri. Selasa, (4/6/2019).

GOWA, KOMPAS.com - Jemaah Hawariun Ansarullah yang bermukim di hamparan persawahan Borongborong, Desa Maccinibaji, Kecamatan Bajeng, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, menggelar shalat Idul Fitri pada Selasa (4/6/2019).

Penetapan 1 Syawal dilakukan berdasarkan perhitungan bulan atau dengan metode hisab.

"Penetapan 1 Syawal ini berdasarkan pemantauan bulan dan hitungan dimana dalam hitungan kami jatuh pada hari ini" kata Sultan Daeng Lotteng, pimpinan jemaah Hawariun Ansarullah, Selasa.

Baca juga: Sukacita Jemaah Naqsabandiyah Rayakan Idul Fitri pada 3 Juni 2019

Dalam khotbah Idul Fitri yang mengggunakan bahasa Ibrani, pimpinan jemaah menekankan perlunya penyerahan diri kepada Tuhan. 

"Bahasa yang kami gunakan adalah bahasa Ibrani namun bukan bahasa Ibrani sebagaimana yang dituturkan oleh umat nabi Isa, melainkan bahasa yang baru" kata Sultan.

Baca juga: Jemaah An Nazir di Gowa Rayakan Idul Fitri Hari Ini

Dari pantauan Kompas.com, jemaah Hawariun Ansarullah merupakan jemaah yang berprofesi sebagai petani. Jubah hitam dan rambut panjang menjadi ciri khas kaum pria dan dalam kesehariannya mereka mengunakan bahasa yang mereka klaim adalah bahasa Ibrani.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X