Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bayi Lutung Jawa, Ditemukan Warga Dalam Kardus di Pinggir Jalan

Kompas.com - 03/06/2019, 21:51 WIB
Rachmawati

Editor

MALANG, KOMPAS.com - Seorang warga bernama Dini, warga Jalan LA Sucipto, Kota Malang menyerahkan bayi Lutung Jawa kepada Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur pada Minggu (2/6/2019).

Dini telah menemukan bayi Lutung Jawa tersebut di daerah Bugis, Pakis Kabupaten Malang pada (30/5/2019).

Pada saat ditemukan, bayi Lutung Jawa tersebut masih berada di dalam kardus dan diletakkan begitu saja di pinggir jalan.

Baca juga: Dua Ekor Lutung Jawa Korban Perdagangan Alami Stres dan Lemas

Karena merasa iba dan kasihan kepada nasib Lutung Jawa tersebut, akhirnya Dini berinisiatif untuk mengembalikannya kepada pihak yang berwajib.

"Pertama bingung mau dikasikan ke siapa. Setelah mencari-cari informasi. Akhirnya mendapatkan Kontak BBKSDA Jatim yang bertugas di Malang," ucapnya.

Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur, Nandang Prihadi mengatakan, bayi Lutung Jawa tersebut diduga sengaja dibuang oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

"Untung saja masih ditemukan oleh warga yang sadar akan konservasi. Sehingga bayi Lutung Jawa ini bisa segera terselamatkan," ucapnya kepada SURYAMALANG.COM, Senin (3/6/2019).

Lutung Jawa yang memiliki nama latin Trachypithecus Auratus merupakan satwa endemik Pulau Jawa.

Mereka biasanya hidup berkelompok dengan menggelantung di pepohonan.

Untuk di Malang Raya, satwa yang biasa disebut 'budeng' ini bisa ditemui di daerah Malang Selatan, telatnya di Pantai Kondang Merak dan di Pulau Sempu

Kata Nandang, Lutung Jawa merupakan satwa yang dilindungi.

Baca juga: Anak Lutung Jawa yang Diduga Hasil Buruan Dijual Online Rp 550.000 Per Ekor

Dikarenakan, Lutung Jawa kini nasibnya terancam, karena perburuan dan juga marak dijual belikan.

"Kami bersyukur, masih ada warga yang tahu bahwa Lutung Jawa merupakan satwa yang dilindungi. Jika tidak, maka nasib mereka akan semakin memprihatinkan," terangnya.

Usai mendapatkan bayi Lutung Jawa tersebut, selanjutnya BBKSDA Jatim akan melakukan koordinasi dengan Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) Javan Langur Center (JLC).

Koordinasi itu dilakukan guna menitipkan bayi Lutung Jawa tersebut kepada PPS maupun JLC.

"JLC merupakan tempat rehabilitasi Lutung Jawa yang ada di Batu. Sementara akan kami titipkan di sana dulu, agar bisa dirawat," tandasnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunjatim.com dengan judul Temukan Bayi Lutung Jawa di Pinggir Jalan, Warga Malang Antarkan Hewan Endemik Itu ke BBKSDA Jatim,

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com