Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PT KAI Pastikan Info Lowongan Pekerjaan 10 Formasi Juni Ini adalah Hoaks

Kompas.com - 03/06/2019, 16:02 WIB
Reni Susanti,
Rachmawati

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Vice President Public Relations PT Kereta Api Indonesia (KAI) Edy Kuswoyo mengatakan, informasi perusahaannya membuka lowongan pekerjaan 10 formasi untuk lulusan SMA pada Juni ini tidak benar.

"KAI tidak membuka lowongan. Tapi KAI meneruskan tahapan rekrut yang sebelumnya sudah dijalankan, yaitu rekrut bersama BUMN sejak Februari 2019," ujar Edy saat dihubungi Kompas.com melalui pesan Whatsapp, Senin (3/6/2019).

Untuk itu, Edy mengimbau semua pelamar selalu mengikuti proses perkembangan rekrutmen melalui web rekrut KAI yaitu recruitment.kai.id.

Baca juga: Fakta di Balik Dokter Kandungan Sebarkan Hoaks Kerusuhan 22 Mei, Mengaku Copas hingga Kabar Tewas Ditembak Polisi

Selain itu, ia juga meminta para pelamar tidak memercayai pihak manapun yang menjanjikan bisa meloloskan seleksi menjadi pekerja KAI dengan membayar imbalan kepada pihak yang menjanjikan.

"Jika ada yang mencurigakan, segera menghubungi Contact Center 121," tuturnya.

Sebelumnya beredar kabar akan dibuka pendaftaran secara online pada periode 1-8 Juni 2019 di PT KAI untuk sepuluh formasi.

Sepuluh formasi tersebut yakni Humasda, dokter perusahaan, polisi khusus kereta api, calon masinis, operasional PPKA, pemeliharaan jalan rel dan bangunan, petugas negative check, pemeliharaan sarana, teknologi informasi, angkutan penumpang dan aset.

Baca juga: [POPULER NUSANTARA] Oknum Caleg Gerindra Sebar Hoaks Tentang Jokowi | 4 Warga Tewas Tertembak Saat Demo KPU Asmat

Sesuai dengan recruitment.kai.id, perekrutan bersama BUMN telah dilaksanakan mulai Februari 2019 oleh Tim Human Capital Indonesia (FHCI) Kementerian BUMN.

Pada 27 Mei 2019 telah diumumkan peserta yang lulus tes kemampuan dasar (TKD). Peserta yang lulus berhak mengikuti beberapa jenis tes lagi.

Ada sepuluh formasi yang disediakan dan dari sepuluh formasi tersebut, delapan di antaranya mensyaratkan lulusan SMA dan dua lainnya S1/D4.

“Semua pelamar diimbau selalu mengikuti proses perkembangan rekrutmen melalui web rekrut KAI yaitu recruitment.kai.id,” tegas Edy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com