5 Fakta Desain Masjid Al Safar Karya Ridwan Kamil yang Viral, Dituding Simbol Illuminati hingga Sita Perhatian Dunia

Kompas.com - 03/06/2019, 15:13 WIB
Masjid Al Safar Jasa MargaMasjid Al Safar

KOMPAS.com - Gara-gara unggahan dari akun Twitter@surgabidadari3, gaya arsitek karya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjadi perbincangan.

Dalam akun tersebut, memuat video yang mempersoalkan desain masjid itu karena dianggap membentuk bangunan segitiga seperti lambang iluminati.

Sementara itu, Ridwan Kamil menjelaskan, konsep bangunan masjid yang berada di rest area Tol Cipularang itu adalah eksperimentasi teori lipat Folding Architecture.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyerahkan masalah kontroversi Masjid Al Safar kepada Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Baca fakta lengkapnya berikut ini:

1. Viral di media sosial

Ilustrasi media sosialTHINKSTOCKS/IPOPBA Ilustrasi media sosial

Akun Twitter @surgabidadari3 memuat video tentang penjelasan seseorang yang mempersoalkan desain Masjid Al Safar karya Gubernur Ridwan Kamil. Menurut akun itu, desain masjid dianggap membentuk bangunan segitiga.

"Ini pintu masuknya dan lihat ini segitiga semua. Nyaris segitiga semua. Bahkan ketika masuk ke dalam, ini segitiga, satu mata. Maka, ketika kita shalat, sebetulnya kita menghadap siapa, menghadap Allah atau segitiga satu mata?" kata pria itu dalam video itu.

Sementara itu, Ridwan kemudian menjelaskan konsep bangunan masjid yang berada di rest area Tol Cipularang itu, melalui akun Twitternya.

"Masjid Al Safar adalah eksperimentasi teori lipat Folding Architecture. Jika eksperimentasi bentuk itu ditafsir, ya tentu tdk bisa dihindari. Tapi jika disimpulkan bahwa bentuk2nya adlh menerjemahkan simbol iluminati dkk, saya kira itu tdk betul. Mari fokus saja ibadah kpd Allah," kata Ridwan lewat akun sosial media Twitter-nya, Jumat (31/5/2019).

Baca juga: Tim Abdullatif Al Fozan Award: Masjid Al Safar Rancangan Ridwan Kamil Tak Bertentangan dengan Islam

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X