Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Longsor di Malalak Agam, Pemudik Sempat Terjebak Macet

Kompas.com - 02/06/2019, 23:39 WIB
Perdana Putra,
Farid Assifa

Tim Redaksi

PADANG, KOMPAS.com - Bencana longsor terjadi di Nagari Malalak Barat, Kecamatan Malalak, Agam, Sumatera Barat, Minggu (2/6/2019) pukul 20.00 WIB.

Material longsor menutup akses jalan sehingga terjadi kemacetan sejak pukul 20.00 WIB hingga pukul 22.30 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam bencana tersebut.

"Betul terjadi longsor di Malalak, Agam. Longsor menutupi badan jalan sehingga akses transportasi tertutup. Kemacetan terjadi, namun saat ini sudah bisa dilalui," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumbar, Rumainur yang dihubungi Kompas.com, Minggu malam.

Baca juga: Pemudik ke Sumatera Barat Diimbau Waspadai 4 Titik Rawan Longsor

Rumainur menyebutkan, longsor terjadi akibat curah hujan cukup tinggi yang diserta angin kencang di wilayah Agam sejak sore hingga malam tadi.

"Material longsor menutupi akses jalan sepanjang 7-10 meter dengan ketinggian 3-5 meter," ujar Rumainur.

Rumainur mengatakan, jalan di Nagari Malalak Barat itu merupakan jalan kabupaten yang cukup ramai dilewati pemudik, sehingga terjadi kemacetan.

Namun, berkat kesiapsiagaan petugas BPBD Agam yang berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan dan nagari, akses jalan sudah bisa dilalui kembali.

Baca juga: H-5 Lebaran, 1.000 Pemudik Berangkat dari Stasiun Kertapati Palembang

Rumainur mengimbau pemudik yang menggunakan jalur darat supaya berhati-hati jika hujan turun. Pihaknya berharap jika hujan lebat, pemudik berhenti dan tidak melanjutkan perjalanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com