Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Lebaran, Harga Cabai Merah di Banda Aceh Tembus Rp 70.000 Per Kilogram

Kompas.com - 01/06/2019, 07:58 WIB
Raja Umar,
Rachmawati

Tim Redaksi

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Harga cabai di Pasar Peunayong, Kota Banda Aceh mengalami kenaikan sejak Jum’at (31/05/2019). Cabai merah yang sebelumnya dijual eceran hanya Rp 30.000 per kilogram kini naik menjadi Rp 70.000.

Sementara cabai rawit naik dari harga Rp 30.000 naik menjadi Rp 40.000 per kilogram dan jenis cabai hijau naik dari harga Rp 20.000 menjadi Rp 30.000 per kilogram

“Harga cabai naik karena pasokan dari petani lokal berkurang,’ kata Mawardi, pedagang di Pasar Peunayong kepada Kompas,com, Jum’at (31/05/2019) malam.

Baca juga: Sempat Meroket, Harga Cabai Rawit di Timika Kembali Turun

Menurut Mawardi, pedagang di Pasar Peunayong, Banda Aceh terpaksa harus menaikkan harga jual cabai karena harga beli pasokan cabai lokal mulai naik dan jumlah pasokannya pun juga menurun.

“Kami terpaksa harus menaikkan harga, karena harga pasokan juga naik dan jumlah pasokan pun terbatas,” katanya.

Baca juga: Jelang Lebaran, Harga Cabai Rawit di Timika Capai Rp 120.000 per Kilogram

Kenaikan harga cabai diperkirakan akan terus mengalami kenaikan jika pasokan cabai dari petani lokal dalam beberpa hari ke depan masih terbatas. Namun jika pasokan sudah kembali normal seperti sebelumnya, harga jual juga akan ikut kembali turun.

“Kemungkinan harga cabai akan terus naik karena pasokan cabai lokal berkurang. Apalagi menjelang hari lebaran,” katanya.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com