Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Butuh Pertolongan Medis di Jalur Mudik Banyumas, Hubungi Nomor Ini

Kompas.com - 31/05/2019, 16:05 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Farid Assifa

Tim Redaksi

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Banyumas, Jawa Tengah, menyiagakan personel Public Safety Service (PSC) dan Tim Reaksi Cepat (TRC) untuk membantu pemudik yang membutuhkan pertolongan medis.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Banyumas Sadiyanto mengatakan, pemudik yang membutuhkan penanganan medis dapat menghubungi PSC melalui call center 119 atau melalui nomor telepon 02817772119.

"PSC dan TRC siaga 24 jam, pemudik yang membutuhkan bantuan dapat menghubungi nomor telepon yang tersedia, tim akan segera datang ke lokasi," kata Sadiyanto saat mengecek kesiapan sejumlah puskesmas di jalur mudik Banyumas, Jawa Tengah, Jumat (31/5/2019).

Baca juga: Bupati Banyumas Larang ASN Gunakan Mobil Dinas untuk Mudik ke Luar Kota

Selain melalui sambungan telepon, kata Sadiyanto, pemudik yang membutuhkan penanganan medis dapat menghubungi PSC melalui aplikasi yang disediakan. Aplikasi PSC Sigap Banyumas dapat diunduh di Playstore.

Lebih lanjut Sadiyanto mengatakan, selama arus mudik dan balik, seluruh puskesmas siaga 24 jam. Sebanyak 16 puskesmas di antaranya dilengkapi fasilitas rawat inap.

"39 puskesmas siaga 24 jam, personel di IGD kita tambah dan stok obat-obatan kegawatdaruratan juga kita tambah. Puskesmas yang mempunyai fasilitas rawat jalan seluruhnya ada di jalur utama mudik," ujar Sadiyanto.

Baca juga: Berliku dan Minim Penerangan, Jalur Selatan Cilacap-Banyumas Rawan Kecelakaan

Dinkes, kata Sadiyanto, juga mendirikan posko kesehatan bersama polres di simpang Ajibarang, Terminal Bus Bulupitu Purwokerto, Stasiun Purwokerto dan di sekitar Lokawisata Baturraden.

Kompas TV Aksi penyerangan terhadap Mako Brimob Kompi 3 Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah, Sabtu (25/5) dini hari, menyebabkan satu anggotaterluka. Untukmengetahuisenjata api yang digunakan oleh pelaku, tim inafis PolresPurwokertolakukan olah tempat kejadian perkara.Sejumlahanggota timInafisPolres Purwokerto, melakukan olah TKP di Mako Brimob Kompi B Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah.Timinafisharus naik ke atap pos penjagaan, mencariproyektil peluru.<br /> <!--[if !supportLineBreakNewLine]--><br /> <!--[endif]-->
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com