Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik Gesit: Beli Oleh-oleh Keripik Tempe Khas Trenggalek, di Sini Tempatnya

Kompas.com - 31/05/2019, 10:54 WIB
Slamet Widodo,
Rachmawati

Tim Redaksi

TRENGGALEK,KOMPAS.com – Selain memiliki tempat wisata yang indah, Kota Trenggalek juga terkenal dengan jajanan khas seperti keripik tempe, alen-alen, mancho, dan jenis jajanan lainnya.

Aneka jajanan tersebut tersedia di jalur utama antar kabupaten dan selalu ramai dikunjungi para pemudik, saat jelang lebaran.

Walapun kios-kios tersebut menjual makanan yang sama, para penjualn mengaku selalu mendapatkan untung saat arus mudik lebaran.

“Setiap menjelang lebaran atau sesudahnya, permintaan jajanan sangat meningkat tajam,” kata Irawati (43), salah satu penjual dan pengusaha jajanan khas Trenggalek di Jalan Yos Sudarso.

Baca juga: Mudik Gesit: 34 Ambulans dan Layanan 119 Disiagakan untuk Pemudik

Yang menjadi jajanan khas unggulan di Trenggalek adalah keripik tempe yang memiliki rasa yang berbeda dengan keripik tempe daerah lainnya.

Jika keripik tempe kota lain berbahan baku tempe mentah yang dipotong tipis-tipis, di Trenggalek tempe mentah yang digunakan sudah berukuran tipis sejak awal pembuatannya.

“Yang spesial di Trenggalek adalah tempe keripiknya. Sudah dibuat tipis sejak awal dibuat tempe mentahnya,” ucap Irawati.

Di Trenggalek ada dua titik sentra kios penjual jajanan khas Trenggalek, yakni di Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Ngantru dan  di Dusun Kranding, Desa Bendorejo, Kecamatan Pogalan. Dua tempat tersebut selalu menjadi rujukan bagi para pemudik dari berbagai daerah yang ingin membeli oleh-oleh.

Baca juga: Mudik Gesit: Cegah Macet, Polisi Siagakan Bengkel On Call di Malang

Sentra jajanan khas di Jalan Yos Sudarso, berada di ruas jalur utama penghubung Kabupaten Trenggalek-Ponorogo. Jika pemudik dari arah Ponorogo, sentra jajanan khas ini berada setelah Jembatan Jagalan dan masuk arah wilayah perkotaan

Sementara sentra jajanan khas yang ada di Dusun Kranding, Desa Bendo, Kecamatan Pogalan Trenggalek ada di Jalur Lintas Selatan (JLS) Trenggalek-Pacitan-Wonogiri atau yang hendak menuju Tulungagung hingga Malang.

Jumlah kios penjual jajanan khas di Dusun Kranding lebih banyak dan berada di jalan nasional, penghubung utama antar kabupaten di Jawa Timur. Untuk pembeli bisa leluasa memarkir kendaraan , karena setiap kios menyediakan lahan parkir.

Jadi untuk pemudik yanng melintasi Trenggalek, jangan lupa singgah dan membeli jajanan khas Trenggalek  yang bisa digunakan oleh-oleh untuk keluarga atau untuk camilan selama perjalanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com