Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Rute Baru Sriwijaya Air dan Citilink

Kompas.com - 31/05/2019, 10:17 WIB
Skivo Marcelino Mandey,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

MANADO, KOMPAS.com - Sriwijaya Air dan Citilink kini memeliki rute baru. Sriwijaya Air secara resmi melakukan penerbangan perdana dari Manado menuju Jakarta, Kamis (30/5/2019).

Sebelumnya, rute ini hanya dilayani oleh maskapai Garuda Indonesia, Batik Air, Citilink, dan Lion Air.

Sementara, Citilink akan membuka rute baru yakni Manado–Banyuwangi. Penerbangan perdananya mulai pada Jumat (31/5/2019).

Baca juga: Turis Danau Toba Turun, Manajemen Hotel Sebut Biang Keladinya karena Mahalnya Tiket Pesawat

“Penambahan rute baru dan jam operasional akan memberikan pilihan bagi calon penumpang untuk mengatur jadwal penerbangan yang tentunya beriringan dengan upaya kami dalam meningkatkan layanan kepada calon penumpang angkutan udara,” ujar General Manager Bandara Sam Ratulangi Manado, Minggus E T Gandeguai, seperti dikutip dari rilis tertulis, Kamis malam.

Ia menjelaskan, penerbangan perdana Sriwijaya Air SJ-603 menggunakan pesawat Boeing 737-800 yang memiliki kapasitas 189 penumpang, dari Bandara Sam Ratulangi Manado.

"Ada 78 penumpang dalam penerbangan perdana ini," kata dia.

Sedianya, Sriwijaya Air akan melayani rute ini setiap hari dengan jadwal penerbangan Jakarta-Manado pukul 00.50 WIB–05.10 Wita dan Manado–Jakarta pukul 19.00 Wita-21.20 WIB.

Menurut dia, kehadiran Sriwijaya Air dengan rute barunya diharapkan mampu mempermudah akesesibilitas bagi masyarakat di Sulawesi Utara untuk berpergian ke Jakarta.

Mengingat Jakarta masih menjadi destinasi domestik yang paling diminati. Bandara Sam Ratulangi Manado akan terus berupaya untuk melakukan promosi dan peningkatan pelayanan sebagai bentuk sinergi guna menunjang pengembangan daerah dan perekonomian di Sulawesi Utara.

Baca juga: Gubernur Maluku: Kalau Tiket Pesawat Mahal, Marah Sama Perusahan

Hari ini, lanjut dia, Citilink juga akan membuka rute baru yakni Manado–Banyuwangi. Penerbangan ini akan menggunakan pesawat Airbus A320 dengan kapasitas 180 penumpang.

"Citilink akan melayani rute ini 6 hari dalam seminggu (setiap hari kecuali hari Minggu) dengan jadwal penerbangan Manado-Banyuwangi pukul 13.05 Wita–14.25 WIB dan Banyuwangi-Manado 08.55 WIB-12.25 Wita," kata dia.

Hingga saat ini, total ada tujuh maskapai penerbangan yang beroperasi di Bandara Sam Ratulangi Manado.

"Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, Citilink, Batik Air, Lion Air, Wings Air, dan Silk Air," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com