Mulai Hari ini, Kendaraan Berat Dilarang Beroperasi di Jalur Mudik Jawa Barat

Kompas.com - 30/05/2019, 12:42 WIB
Sejumlah kendaraan melintas ruas jalan Cugenang Cianjur, Jawa Barat beberapa waktu lalu. Mulai hari ini, Kamis (30/05/2019) ruas jalan nasional itu tertutup untuk kendaraan berat. KOMPAS.com/FIRMAN TAUFIQURRAHMANSejumlah kendaraan melintas ruas jalan Cugenang Cianjur, Jawa Barat beberapa waktu lalu. Mulai hari ini, Kamis (30/05/2019) ruas jalan nasional itu tertutup untuk kendaraan berat.

BANDUNG, KOMPAS.com - Mulai hari ini, Kamis (30/5/2019), kendaraan berat dan barang tidak boleh beroperasi dan melewati ruas jalan tol dan nasional di jalur mudik di Jawa Barat.

Pengecualian untuk kendaraan yang mengangkut sembako dan bahan bakar minyak (BBM).

"Berdasarkan keputusan menteri itu tanggal 30,31 Mei,1,2 Juni kemudian tanggal 8,9,10 Juni tidak boleh beroperasi untuk angkutan barang. Kecuali sembako dan BBM," ujar Dirlantas Polda Jabar Kombes M Aris di Mapolda Jabar, Kota Bandung, Kamis (30/5/2019).

Baca juga: Mudik Gesit: Macet 8 Kilometer di Merak, Pemudik Diimbau Keluar di Cilegon Barat

Aris mengatakan, keputusan Menteri Perhubungan tersebut bukan lagi bersifat imbauan melainkan larangan bagi kendaraan-kendaraan berat untuk beroperasi.

"Itu bukan imbauan lagi tapi larangan. Itu sudah dilarang nanti oleh Polres Sumedang," kata Aris.

Baca juga: Sempat Terdampak Banjir, Tol KLBM di Gresik Belum Bisa Digunakan untuk Mudik

Diberitakan sebelumnya, untuk mempersiapkan masa libur Lebaran, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah mengeluarkan Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 37 tahun 2019 tentang Pengaturan lalu Lintas Pada Masa Angkutan Lebaran tahun 2019.

Peraturan ini akan mengoptimalkan penggunaan dan pergerakan lalu lintas pada beberapa ruas jalan tol dan nasional saat arus mudik dan balik.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X