Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Daripada Jadi TKI di Malaysia, Lebih Baik Jadi Peternak Sapi"

Kompas.com - 30/05/2019, 12:14 WIB
Sigiranus Marutho Bere,
Rachmawati

Tim Redaksi

KUPANG, KOMPAS.com - Dominggus MA Bira, terlihat semangat saat berbagi pengalaman sebagai petani dan peternak sapi di Desa Raknamo Kecamatan Amabi Oefeto, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dominggus adalah ketua Kelompok Tani Fajar Pagi, Desa Raknamo yang konsentrasi beternak sapi. Ia bercerita tentang penggemukan sapi dalam kegiatan workshop tentang pembangunan pertanian di NTT, yang digelar oleh Politeknik Pertanian (Politani) Negeri Kupang, di Gedung Student Center, Rabu (29/5/2019).

Kegiatan workshop itu dihadiri oleh perwakilan dari Universitas Adelaide-Australia, Politani Kupang, Universitas Nusa Cendana Kupang, Bappedda, Dinas Pertanian, LSM, kelompok tani, pengelola usaha, dan Crawford Fund dari Australia.

Baca juga: Banyak TKI Ilegal asal NTT di Malaysia, BP3TKI Kupang Bangun Rumah Informasi Migrasi Aman

Dari hasil usaha penggemukan sapi yang rintis sejak awal tahun 2018 lalu, Dominggus dan anggota kelompoknya mengaku telah meraup keuntungan hingga puluhan juta rupiah untuk sekali penjualan.

"Sekarang warga di desa kami tidak ada lagi yang mau kerja ke Malaysia. Dari pada jadi TKI di Malaysia, lebih baik jadi peternak sapi dengan gaji lebih tinggi dari Aparatur Sipil Negara (ASN)," ungkap Dominggus yang disambut tepuk tangan para peserta.

Dominggus bercerita, awalnya dia bersama 14 orang warga lainnya membentuk kelompok tani yang fokus di bidang pertanian dengan menanam jagung, padi, sayuran, dan tanaman holtikultura lainnya.

Seiring berjalannya waktu, Dominggus yang juga pernah merantau  ke Makasar, Sulawesi Selatan dan Jakarta itu,  bersepakat bersama anggotanya mengembangkan usaha ternak khusus penggemukan sapi, melalui bantuan Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Usahanya yang digeluti kelompoknya itu akhirnya berbuah hasil, karena saat ini mereka telah memelihara 250 ekor sapi.

Batal Jadi TKI ke Malaysia

Dominggus mengatakan program penggemukan sapi ini dilakukan dalam tempo tiga bulan. Selama tiga bulan, berat sapi naik menjadi 300 kilogram.

Warga lainnya yang melihat keberhasilan kelompok mereka, akhirnya berbondong-bondong ingin bergabung. Sekarang jumlah anggota kelompok mereka telah mencapai 200 orang.

Ratusan anggota kelompok itu, sebut Dominggus, bukan hanya fokus mengembangkan ternak sapi, tapi juga ternak lainnya seperti babi dan ayam.

"Khusus untuk anggota kelompok yang laki-laki konsen mengurus sapi. Sedangkan yang perempuan mengurus babi dan ayam," kata Dominggus.

Dominggu mengaku, pernah berhasil menggagalkan keberangkatan 25 orang perempuan yang akan menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ke Malaysia.

"Awalnya mereka cerita mau ke luar negeri, sehingga saya langsung sampaikan bahwa di kelompok kita ini sudah bergerak untuk pelihara sapi. Keuntungan yang kami dapat ini sama dengan gaji ASN. Bahkan lebih dari ASN," ujar Dominggus.

Baca juga: 49 TKI Asal NTT Meninggal di Luar Negeri dalam 5 Bulan terakhir

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com