BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Auto 2000

Mudik Gesit: Sambut Pemudik, Belasan PJU Dipasang di Jalur Alternatif Cianjur

Kompas.com - 30/05/2019, 07:23 WIB
Petugas tengah memasang PJU dengan memanfaatkan tiang listrik di jalur alternatif Salajamber, Sukaluyu, Cianjur, Jawa Barat sebagai persiapan menyambut arus mudik lebaran tahun ini Foto: Dok Dishub Kab. CianjurPetugas tengah memasang PJU dengan memanfaatkan tiang listrik di jalur alternatif Salajamber, Sukaluyu, Cianjur, Jawa Barat sebagai persiapan menyambut arus mudik lebaran tahun ini

CIANJUR, KOMPAS.com – Ruas jalan Salajambe Sukaluyu dan jalan Jonggol Cikalongkulon, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, kini telah dilengkapi penerangan jalan.

Dua ruas jalan tersebut akan dipersiapkan sebagai jalur alternatif menghadapi arus mudik Lebaran di wilayah Cianjur tahun ini.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kabupaten Cianjur, Joni, melalui Kasie Manajemen Rekayasa Lalu Lintas, M. Iqbal Safaruddin, menyebutkan, pemasangan PJU telah selesai dikerjakan.

“PJU sudah kami pasang dan dilakukan beberapa penambahan. Sudah selesai (dipasang) sejak kemarin dan sudah berfungsi,” kata Iqbal kepada Kompas.com saat ditemui di kantornya, Rabu (29/05/2019).

Baca juga: Waspadai Dua Ruas Jalan Ini Saat Mudik Lintasi Jawa Timur

Iqbal menyebutkan, pemasangan PJU atau penerangan jalan umum sangat penting mengingat di jalur alternatif itu selama ini minim fasilitas tersebut.

“Apalagi musim mudik Lebaran tahun ini volume kendaraan yang lewat Cianjur dipastikan akan lebih banyak dibanding sebelumnya sebagai imbas dari rencana pemberlakukan oneway di ruas tol Trans Jawa,” ujar Iqbal.

Selain pemasangan dan penambahan PJU, Dishub juga telah memasang rambu-rambu tambahan berupa penunjuk arah portable di sejumlah spot yang dianggap perlu.

"Sudah kami sebar di sejumlah titik, di wilayah Sukaluyu, Jonggol dan Cipanas, termasuk di dalam kota. Fungsinya untuk memandu pemudik agar tidak salah ambil jalan sehingga bisa mengurangi potensi kemacetan,” kata dia.

Baca juga: 4 Hal yang Pasti Kamu Temukan saat Mudik Lewat Jalur Pantura

Sebelumnya, pemasangan PJU yang dikerjakan di dua ruas jalan alternatif itu dengan cara memanfaatkan fasilitas yang tersedia.

Di jalan alternatif Salajambe, Sukaluyu, pihak Dishub Kab. Cianjur memanfaatkan tiang listrik sebagai tiang PJU.

Sebanyak enam tiang PJU yang nyantol ke tiang listrik kini telah menyala untuk menerangi jalan kabupaten tersebut.

Sementara, di jalur Jonggol, pemasangan PJU dilakukan dengan memanfaatkan PJU solar cell yang sudah tidak berfungsi.

Caranya dengan mengonvensionalkan fungsi dari PJU panel surya tersebut. Sedikitnya ada sebelas tiang yang kembali difungsikan dengan cara dipasangi kabel dan meteran Kwh.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya