Beralih dari Pesawat, Pemudik Mulai Padati Terminal Eksekutif Merak

Kompas.com - 29/05/2019, 13:34 WIB
Ruang tunggu di dermaga eksekutif Pelabuhan Merak, Banten. KOMPAS.com/Reska K. NistantoRuang tunggu di dermaga eksekutif Pelabuhan Merak, Banten.

CILEGON, KOMPAS.com - Pemudik yang menggunakan kapal laut mulai memadati Pelabuhan Merak di Cilegon, Banten, Rabu (29/05/2019). Misalnya di Dermaga 6 yang khusus untuk kapal eksekutif, mulai terjadi antrean panjang kendaraan roda empat.

Pantauan Kompas.com di Dermaga 6, Rabu (29/5/2019) siang, kendaraan roda empat mulai mengular dari pintu masuk pelabuhan hingga ujKapaung dermaga tempat naik kendaraan ke kapal.

Dari plat nomor, kendaraan didominasi dari Jabodetabek, sisanya berasal dari Banten, Bandung, bahkan Semarang.

Baca juga: Ada Ganjil Genap di Pelabuhan Merak, Pemudik Diminta Sesuaikan Jadwal

Seorang pemudik dari Jakarta, Hamidah (46) mengatakan, ini adalah kali pertama dirinya mudik menggunakan kapal laut. Sebelumnya, dia dan keluarga menggunakan pesawat dengan alasan efisiensi waktu.

"Sejak tinggal di Jakarta, selalu pakai pesawat. Tapi sekarang mau coba kapal laut, karena banyak waktu. Sekalian menikmati perjalanan," kata Hamidah yang mengaku kepada Kompas.comakan mudik ke Jambi, 

Selain banyak waktu, pertimbangan lain untuk melalui kapal laut, kata Hamidah, adalah lebih ekonomis.

Hamidah mengatakan ongkos satu orang menggunakan pesawat ke Jambi dari Jakarta saat lebaran Rp 1,2 juta. Sementara naik kapal laut dari Dermaga Eksekutif Merak hanya Rp 50.000.

"Saya satu keluarga lima orang, satu perjalanan saja sudah sekitar 6 juta rupiah. Kalau bawa mobil sendiri dengan naik kapal, hitung-hitungan saya bisa hemat lebih dari 60 persen," kata dia.

Baca juga: Mudik Gesit: Antisipasi Macet di Tol ke Merak, Tersedia 4 Toilet Portabel

Selain Hamidah, ada Erwan, pemudik tanpa kendaraan dari Bandung. Bersama sang istri Erwan hendak mudik ke Bandar Lampung.

"Kalau ke Lampung lebih enak naik kapal laut. Apalagi sekarang ada dermaga eksekutif. Dalam satu jam sudah bisa sampai Bakauheni," kata dia.

Erwan mengatakan, tidak ada banyak perbedaan waktu antara naik kapal laut maupun pesawat. Kata dia, kemacetan bisa dihindari dengan berangkat pada pagi hari.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X