4 Fakta Jubir BPN Dahnil Anzar Dipanggil Polisi, Saksi Kasus Dugaan Makar hingga Terduga Pelaku Mangkir

Kompas.com - 29/05/2019, 09:00 WIB
Dahnil Anzar Simanjuntak Acungkan Dua Jari Sebelum Bersaksi di Sidang Ratna Sarumpaet, Kamis (11/4/2019) KOMPAS.com - Walda MarisonDahnil Anzar Simanjuntak Acungkan Dua Jari Sebelum Bersaksi di Sidang Ratna Sarumpaet, Kamis (11/4/2019)

KOMPAS.com - Juru bicara (jubir) Dahnil Anzar Simanjuntak akan dipanggil Polda Sumatera Utara (Sumut) terkait kasus dugaan makar yang diduga dilakukan oleh Muhammad Syaf'i alias Romo.

Menurut polisi, pemanggilan tersebut berdasar atas adanya laporan polisi oleh Fauzi Ramadhan Singarimbun.

Sementara itu, Syaf'i diketahui telah dua kali mangkir dari pemanggilan polisi.

Berdasar keterangan polisi, Syaf'i diduga terlibat dugaan perkara makar yang terjadi di Masjid Raya Al Mashun di Jalan Sisingamangaraja, Medan.

Baca fakta lengkapnya berikut ini:

1. Polisi: Dahnil dipanggil sebagai saksi dugaan makar

Ilustrasi PolisiThinkstock/Antoni Halim Ilustrasi Polisi

Tim penyidik Polda Sumatera Utara memanggil Dahnil Anzar, juru bicara Badan Pemenangan Nasional ( BPN) Prabowo Subianto - Sandiaga Uno, sebagai saksi dalam kasus dugaan makar.

Berdasar surat bertanggal 24 Mei 2018, yang ditandatangani oleh Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sumut, Kasubdit I TP Kamneg, Simon Paulus Sinulingga, disebutkan agar Dahnil hadir untuk diperiksa di Kantor Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Sumut Unit 4 Subdit 1/TP Kamneg pada Selasa (28/5/2019) pukul 10.00 WIB.

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja membenarkan adanya pemanggilan tersebut. Namun dia tidak merinci alasannya.

"Iya ada. Pemanggilan sebagai saksi di kasus makar. Itu yang di undangan. Itu terkait kasus Romo. Apakah sudah datang ya nggak tahu. Coba tanyakan ke penyidiknya dulu," katanya, Selasa (28/5/2019).

Baca Juga: Polda Sumut Panggil Dahnil Anzar Sebagai Saksi Kasus Dugaan Makar

2. Polisi tak jelaskan detail alasan pemanggilan Dahnil

Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno (BPN) Dahnil Anzar Simanjuntak saat ditemui di media center Prabowo-Sandiaga, Jalan Sriwijaya I, Jakarta Selatan, Rabu (15/5/2019). KOMPAS.com/KRISTIAN ERDIANTO Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno (BPN) Dahnil Anzar Simanjuntak saat ditemui di media center Prabowo-Sandiaga, Jalan Sriwijaya I, Jakarta Selatan, Rabu (15/5/2019).
Tatan menambahkan, pemanggilan tersebut berdasar laporan dari Fauzi Ramadhan Singarimbun beberapa waktu lalu.

Fauzi melaporkan adanya dugaan makar dalam ceramah bernuansa makar yang dilakukan oleh Muhammad Syaf'i alias Romo.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X