Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur Maluku Telepon Menteri Perdagangan Minta Bantuan Bangun Pasar Ikan

Kompas.com - 28/05/2019, 18:48 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


AMBON, KOMPAS.com - Gubernur Maluku Murad Ismail meminta Menteri Perdagangan RI Enggartito Lukita untuk membantu memperbaiki Pasar Ikan Arumbai yang berada di kawasan Pasar Mardika Ambon.

Permintaan itu disampaikan oleh Murad saat menelepon Enggartito di sela memantau kebutuhan bahan pokok menjelang Hari Raya Idul FItri 1440 Hijriah di Pasar Mardika Ambon, Selasa (28/5/2019).

Saat itu, Murad memperdengarkan perbincangannya dengan Menteri Perdagangan melalui speaker sehingga semua wartawan dapat mendengar dengan jelas.

Baca juga: Gubernur Maluku Minta Warga Tidak Terpengaruh Isu People Power

“Saya minta tolong sama Pak Menteri untuk bagaimana kita punya pasar ikan ini dikelola dengan baik, dan bantuan dari Pak Menteri Perdagangan untuk Maluku,” kata Murad, saat berkomunikasi dengan Menteri Perdagangan.

Murad juga mengaku dia telah dihubungi Wali Kota Ambon terkait rencana perbaikan pasar tersebut, hasilnya Wali kota akan menemui Menteri Perdagangan untuk membicarakan persoalan tersebut.

“Dalam perjalanan ke pelabuhan tadi saya juga telah menelepon Wali Kota dan beliau akan menemui Pak Menteri,” kata dia.

Dalam perbincangan singkat itu, menteri perdagangan menyanggupi permintaan Murad untuk menata kembali pasar ikan yang kondisinya sangat memperihatinkan itu.

"Siap Pak Murad, baik Pak, langsung kasih tahu ke saya, Menteri Perdagangan, tidak usah khawatir, Maluku aman,” kata Enggartito.

Baca juga: Usai Dilantik Jokowi, Gubernur Maluku Utara Minta Jalan Tol

“Makasih Pak Menteri, ini setengah perintah soalnya," sambung Murad diujung telepon, yang membuat Mendag tertawa.

Dalam kesempatan itu, Murad bersama rombongan juga ikut berdialog dengan sejumlah pedagang dan menanyakan harga kebutuhan pokok yang ada di pasar tersebut.

Murad melakukan pemantauan harga kebutuhan pokok di Pasar Mardika sambil didampingi sejumlah pejabat daerah Maluku, Kapolda Maluku Irjen Pol Royke Lumowa dan juga Pangdam XVI Pattimura, Mayjen TNI Marga Taufiq.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com