Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

139 Kali Bobol Mesin ATM, 3 Pelaku Jaringan Lampung Ditangkap

Kompas.com - 28/05/2019, 16:04 WIB
Hamzah Arfah,
Rachmawati

Tim Redaksi

GRESIK, KOMPAS.com – Tiga orang diamankan Polres Gresik, usai membobol mesin ATM  di dekat toko perbelanjaan Giant, yang terletak di Perumahan Gresik Kota Baru (GKB) Gresik.

Mereka adalah Rei (22) dan Redi (40) warga Lampung, serta Siswo (41) warga Sidoarjo.

Mereka ditengarai jaringan Lampung, yang biasa beraksi membobol mesin ATM lintas provinsi.

“Mereka bertiga berhasil diamankan oleh anggota kami saat menjalankan aksinya awal bulan kemarin di ATM dekat Giant. Mereka sebenarnya ada berempat waktu itu, satu orang masih DPO  karena berhasil melarikan diri sewaktu coba diamankan oleh petugas,” ujar Kapolres Gresik, AKBP Wahyu Sri Bintoro, saat rilis di Mapolres Gresik, Selasa (28/5/2019).

Baca juga: Ketika Seorang Teknisi Ditangkap karena Manfaatkan Pekerjaannya untuk Bobol ATM

Menurut catatan kepolisian, komplotan ini setidaknya sudah dua kali membobol ATM di wilayah Gresik, yakni ATM Mandiri di Jalan Veteran dan ATM Bank Jatim di Jalan Kalimantan.

Selain itu, kawanan ini juga sudah 43 kali beraksi di wilayah Jawa Barat, 28 kali di Jawa Tengah, 26 kali di Jawa Timur, delapan kali di Banten, lima kali di Jakarta, lima kali di Jogjakarta, dan sekitar 22 kali di luar Jawa.

“Mereka ini biasanya mempekerjakan orang-orang lokal untuk setiap lokasi yang diincar. Jadi orang-orang lokal inilah yang kemudian disuruh mencari lokasi ATM yang bakal dibobol dan sekaligus membantu saat beraksi,” tutur dia.

Kawanan ini tertangkap 4 Mei 2019 dini hari oleh tim Black Panther bentukan Satreskrim Polres Gresik yang sedang berpatroli.

Baca juga: Polisi Ringkus Imigran Srilanka Anggota Sindikat Internasional Skimming Pembobol ATM di Kudus

Dari tangan pelaku, polisi menyita beberapa kartu ATM, peralatan untuk membobol ATM, serta uang tunai Rp 8,3 juta yang diakui pelaku hasil dari pembobolan ATM.

“Jadi menjelang lebaran ini, kami memang ada giat operasi cipta kondisi untuk pengamanan dari tindakan yang meresahkan masyarakat. Salah satu kasus menonjol yang berhasil kami ungkap ya ini, pembobolan ATM jaringan Lampung yang biasa beroperasi antar provinsi maupun antar kota,” jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com