Empat Warga Asmat Tewas, Wakapolda Papua Sebut Aksi Massa Terkait Pemliu

Kompas.com - 28/05/2019, 15:29 WIB
Wakil Kepala Polda Papua Brigjen Yakobus Marjuki KOMPAS.com/Dhias SuwandiWakil Kepala Polda Papua Brigjen Yakobus Marjuki

JAYAPURA, KOMPAS.com - Wakil Kepala Polda Papua Brigjen Yakobus Marjuki menyebut 350 massa yang menyerang Kantor Distrik Fayit, Kabupaten Asmat, merupakan respon dari ketidakpuasan hasil Pemilu Legislatif 2019.

Ia menyayangkan respon terhadap hasil pemilu tidak disalurkan dengan cara yang benar dan justru menyebabkan jatuhnya korban jiwa.

"Ini bagian residu pileg yang kurang kesadaran hukum, mau menekan (penyelenggara) padahal jalurnya ke MK tapi mereka konflik di bawah," ujarnya di Kota Jayapura, Selasa (28/5/2019).

Baca juga: Ungkap Penembakan Warga oleh Oknum TNI, Tim Investigasi Bertolak ke Asmat

Terkait dengan tewasnya empat warga akibat tembakan petugas Posramil Distrik Fayit, lebih dikarenakan ketidakpahaman masyarakat terhadap aturan perundang-undangan.

Menurut dia, dalam standar prosedur penggunaan senjata, aparat dapat menggunakannya ketika merasa terancam.

"Ini adalah masalah kesadaran hukum yang berhadapan dengan (aturan) modern. Masyarakat tidak tahu SOP penggunaan senjata api, kalau kita (aparat) yang lengah, kita yang dibunuh," kata Marjuki.

Namun, ia juga belum mau membenarkan tindakan petugas Posramil yang mengeluarkan tembakan ke arah massa karena kini pemeriksaan baru mulai dilakukan.

"Perlu pemahaman SOP kepada masyarakat agar mereka tidak mengancam (aparat). Kalau mengancam, itu pasti (digunakan) senjata agar ancaman itu dihentikan.

Baca juga: Seorang Caleg Kerahkan 350 Warga Bikin Rusuh, 4 Orang Tewas

"Nanti kami cek dulu, ini ada tim yang sedang turun, kami tidak langsung katakan itu sudah tepat," tuturnya.

Pada Senin (27/5/2019) siang, sekitar 350 orang yang diduga digerakkan oleh salah satu oknum caleg yang tidak puas atas hasil pleno KPU Asmat, mengamuk dengan merusak kantor Distrik Fayit dan salah satu rumah milik Anggota DPRD Asmat.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X