Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Juara MTQ Internasional asal Bima Diberi Hadiah Umrah dan Uang Rp 25 Juta

Kompas.com - 27/05/2019, 20:19 WIB
Karnia Septia,
Candra Setia Budi

Tim Redaksi

MATARAM, KOMPAS.com - Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah mengapresiasi keberhasilan Syamsuri Firdaus (20), qori muda asal Bima yang berhasil meraih juara 1 pada MTQ Internasional ke-7 yang digelar di Istanbul, Turki.

Gubernur mengatakan, akan langsung memberikan hadiah umroh kepada Syamsuri dan kedua orangtuanya.

"InsyaAllah akan kita berikan hadiah umroh gratis bersama kedua orangtuanya. Kami juga akan memberikan tabungan pendidikan sebesar Rp 25 juta" katanya seperti dikutip dalam keterangan pers yang diterima, Senin (27/5/2019).

Baca juga: Pemuda asal Bima Juara MTQ Internasional di Turki

Gubernur NTB menyampaikan rasa syukur dan bangganya atas prestasi yang diraih Syamsuri menjadi juara MTQ Internasional.

"Alhamdulillah diantara 68 negara yang ikut, Indonesia terpilih sebagai juara 1, dan hebatnya ini diraih oleh anak muda NTB putra asli Bima. Kami sangat bangga dan mengucapkan selamat atas keberhasilan Syamsuri," katanya. 

Kepala Biro Humas dan Protokol Provinsi NTB, Najamuddin Amy mengungkapkan bahwa kedua orangtua Syamsuri mengucapkan terimakasih atas perhatian Pemerintah Provinsi NTB kepada Syamsuri dan keluarga.

"Melalui telepon, kedua orangtua Syamsuri sangat bangga dan mengucapkan terima kasih atas segala perhatian Pemerintah Provinsi NTB, mereka juga berharap dukungan dan doa agar Syamsuri senantiasa istiqamah dan terus berprestasi" jelasnya.

Baca juga: Seorang Qori Meninggal Dunia Saat Baca Al-Quran di Haul Keluarga Khofifah

Pemuda kelahiran 11 April 1999 ini juga merupakan Mahasiswa Program Bidik Misi pada jurusan Bahasa dan Satra Arab Universitas Indonesia.

Beberapa prestasi yang sudah diraih Syamsuri antara lain, Juara 1 Qori Nasional tahun 2012 kategori anak-anak yang dilaksanakan di ambon, Maluku.

Juara 1 MTQ tingkat Internasional tahun 2013 yang dilaksanakan di Singapura. Kategori anak-anak, dan kini, Juara 1 MTQ Internasional tahun 2019 di Turki.

Dalam akun sosial media Syamsuri disebutkan, qori yang pernah berkesempatan diundang langsung oleh imam besar masjid Sultan Ahmed di Istanbul untuk ngaji di depan para jamaah setelah salat Ashar.

Tak ketinggalan dalam akun instagram Presiden Turki Erdogan mengucapkan selamat kepada pemuda asal Bima ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com