Wali Kota Bandung Imbau Wisatawan Jangan Berikan Sedekah ke Pengemis

Kompas.com - 27/05/2019, 16:16 WIB
Wali Kota Bandung Oded M Danial tengah menjelaskan pemberian nama Donggalah kepada bayi harimau Benggala yang lahir 22 Agustus 2018 lalu. Nama itu diberikannya sebagai pengingat peristiwa gempa di Sulawesi Tengah khususnya Kabupaten Donggala yang telah memakan korban jiwa hingga ribuan orang. KOMPAS.com/AGIEPERMADIWali Kota Bandung Oded M Danial tengah menjelaskan pemberian nama Donggalah kepada bayi harimau Benggala yang lahir 22 Agustus 2018 lalu. Nama itu diberikannya sebagai pengingat peristiwa gempa di Sulawesi Tengah khususnya Kabupaten Donggala yang telah memakan korban jiwa hingga ribuan orang.

BANDUNG, KOMPAS.com —  Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan, Kota Bandung dipastikan bakal dipadati wisatawan domestik sepanjang libur Lebaran tahun ini.

Menurut dia, rutinitas tahunan tersebut dipastikan bakal mengundang banyak pengemis dan penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) di Kota Bandung.

Agar tidak membuat manja pengemis dan PMKS, Oded mengimbau wisatawan untuk tidak mengacuhkan pengemis dan PMKS.

Baca juga: Seorang Ayah di Makassar Ditangkap karena Jadikan Anaknya Pengemis

"Saya kira sesungguhnya jangan memberikan kepada pengemis, apalagi manusia silver. Saya berharap begitu memang, bukan berarti kita tidak manusiawi," kata Oded di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana, Kota Bandung, Senin (27/5/2019).

Oded menjelaskan, memberikan sedekah kepada pengemis malah akan menambah permasalahan untuk Kota Bandung.

"Kalaupun mau memberi sesuatu harus pada tempatnya. Artinya, disalurkan dengan baik. Tapi kalau mereka kan bakal terus begitu (mengemis)," ujarnya.

Baca juga: Pengemis Berkedok Pemulung Mulai Bermunculan di Jakarta Selatan

Oded menjelaskan, jika masyarakat ingin bersedekah dan membantu orang miskin, sudah sebaiknya menggunakan lembaga yang jelas.

"Membantu orang miskin itu kewajiban kita secara agama. Tapi memberikan kepada pengemis di jalan, belum tentu dia miskin. Saya sudah membuktikan, mereka pengemis di kampungnya punya sawah," katanya.

"Saya mengimbau tidak memberikan (sedekah) itu agar kalau masyarakat mau sedekah itu tepat sasaran," ungkapnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X