Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Negara Besar Ucapkan Selamat ke Jokowi, Sebut Pemilu 2019 Terbaik di Dunia

Kompas.com - 27/05/2019, 15:46 WIB
David Oliver Purba

Editor

KOMPAS.com — Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, sejumlah negara besar menyampaikan ucapan selamat dan memberikan apresiasi atas suksesnya Pemilu 2019 di Indonesia.

Negara-negara tersebut, kata Luhut, menyebut bahwa Pemilu 2019 yang digelar di Indonesia merupakan pemilu terbaik di dunia.

Selain itu, beberapa kepala negara besar tersebut juga memberikan selamat atas hasil akhir rekapitulasi suara Pilpres 2019 di mana capres-cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin menang atas pesaingnya, capres dan cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. 

"Tanggal 22 Mei kemarin hampir 10 (negara) yang saya tahu, kepala negara sudah melakukan selamat kepada Pak Jokowi, mulai Amerika, Rusia, China, Australia, Jepang, Korea, ASEAN semua sudah," kata Luhut saat ditemui di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (26/5/2019) malam.

Baca juga: Demo DPR, Mahasiswa Desak Usut Kematian Anggota KPPS

Luhut menilai, para kepala negara tersebut memberikan selamat kepada pelaksanaan Pemilu 2019 dengan dasar yang kuat, salah satunya adalah pelaksanaan pemilu di Indonesia dilakukan secara jujur dan adil.

"Kalau negara besar ini sudah mengucapkan selamat, tentu mereka juga melihat apakah pemilu itu dilakukan dengan jurdil, dan itu mereka mengatakan yes," kata Luhut.

Secara langsung, Luhut bahkan telah bertemu Dubes Amerika, China, Rusia. Mereka mengakui bahwa pilpres di Indonesia merupakan salah satu pemilihan presiden terbaik di dunia.

"Mereka malah menyimpulkan sendiri. Ini Indonesia harus bangga menjadi satu negara yang demokratis melaksanakan pilpres, DPD, DPR, DPRD tingkat II, DPRD tingkat I, sekaligus satu hari dan hanya enam jam, tanpa ada masalah yang serius," kata dia.

Baca juga: Dianggap Banyak Kecurangan, Massa Usul tes Urine untuk Komisioner KPU dan Bawaslu

Apalagi capaian tingkat partisipasi masyarakat Indonesia dalam Pemilu 2019 kali ini yang disebut Luhut mencapai 81 persen atau diikuti oleh 153 juta pemilih. Jumlah tersebut, kata Luhut, telah melebihi partisipasi pemilu Amerika Serikat pada 2016.

"Jadi negara kita ini sebenarnya negara demokratis terbesar nomor satu di dunia karena Amerika itu peserta yang qualified ikut pemilu 230 juta, tapi karena yang hadir cuma 50 sekian persen, yang datang ke TPS itu kira-kira hanya 130 juta," ucapnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunjatim.com dengan judul: Menko Luhut Ungkap Negara-Negara Besar Ucapi Selamat untuk Indonesia, Sebut Pemilu Terbaik di Dunia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com