Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini, Peringatan 13 Tahun Peristiwa Gempa Yogyakarta

Kompas.com - 27/05/2019, 10:17 WIB
Markus Yuwono,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Tanggal 27 Mei 2006 menjadi salah satu hari yang tidak bisa dilupakan oleh masyarakat Yogyakarta.

Sekitar pukul 05.59 WIB, 13 tahun silam gempa berkekuatan 5,9 Skala Richer meluluhlantakan DIY dan sebagian Jawa Tengah.

Gempa yang mengguncang sekitar 57 detik itu, menghancurkan ratusan ribu rumah dan menyebabkan ribuan orang meninggal.

Dari data BPBD Bantul jumlah korban meninggal di wilayah Bantul ada 4.143 korban tewas, dengan jumlah rumah rusak total 71.763, rusak berat 71.372, rusak ringan 66.359 rumah.

Baca juga: Mengingat Kembali Gempa Yogyakarta 11 Tahun Lalu

 

Total korban gempa DIY dan Jawa Tengah bagian selatan seperti di Klaten tercatat 5.782 lebih orang meninggal dunia, 26.299 lebih luka berat dan ringan, 390.077 lebih rumah roboh akibat gempa waktu itu.

Kompas.com, Senin (27/5/2019) berkesempatan mengunjungi tetenger atau tugu peringatan gempa bumi yang berada di sekitar pusat gempa di Dusun Potrobayan, Srihardono, Pundong. Ada satu buah tugu prasasti di tengah dengan bentuk persegi panjang.

Pusat gempa 5,2 SR pada Minggu (16/3/2014) malam pukul 21.53 WIB.TWITTER INFOBMKG Pusat gempa 5,2 SR pada Minggu (16/3/2014) malam pukul 21.53 WIB.
Adapun isi dari prasasti intinya menunjukkan lokasi merupakan pusat episentrum gempa bumi tahun 2006, dan sebagai pengingat kepada masyarakat, dengan ditandatangani oleh kepala BNPB tahun 2016 Willem Rampangilei.

Suara gemericik air dari sungai opak terdengar dari sekitar lokasi. Sebab, lokasi terletak 300 meter dari tempuran sungai Opak dan Oya.

Di sekelilingnya ada tiga batu prasasti yang pertama ditanda tangani oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hemengku Buwono X, Rektor UPN, dan Bupati Bantul Suharsono. Di sekeliling lokasi, banyak tumbuh ilalang. Pagi ini tidak ada aktivitas peringatan di lokasi, warga sekitar pun beraktivitas seperti biasa.

Namun demikian, gempa masih membekas kuat diingatan warga sekitar. Salah satunya Wagiyem (70) Warga Potrodayan. Dia masih ingat saat itu dirinya sedang menjual ayam miliknya di sekitar Pundong.

Baca juga: Menurut BNPB, Gempa Aceh Hampir Sama dengan Gempa Yogyakarta 2006

 

"Saya masih ingat waktu itu hari pasaran Wage, menjual ayam. Tiba-tiba terdengar seperti angin dari arah selatan 'hurug-hurug' begitu," ucapnya ditemui di sekitar Prasasti Gempa Senn (27/5/2019)

Sesaat kemudian rumah luluh lantak karena diguncang gempa. Rumah miliknya pun hancur, beruntung tidak ada korban jiwa dikeluarganya. Dirinya harus mengungsi ke sebuah gudang bersama warga lainnya.

Wagiyem pun berharap tidak ada lagi gempa besar mengguncang lagi. "Sampun-sampun niku mawon (sudah-sudah itu saja)," katanya.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul, Dwi Daryanto mengatakan, tahun ini memang tidak ada peringatan gempa Yogyakarta. Sebab, saat ini berdekatan dengan hari raya.

Namun demikian, pihaknya terus berupaya memberikan peringatan kepada masyarakat terkait potensi bencana gempa yang ada di wilayahnya. Upaya yang dilakukan, yakni dengan mendirikan desa tangguh bencana.

Baca juga: Melawan Lupa, Napak Tilas Gempa Yogyakarta

Saat ini sudah ada 31 desa. Targetnya, 2024 seluruh desa yang berjumlah 75 desa di Bantul menjadi desa Tangguh Bencana.

"Paling tidak peristiwa itu (Gempa 2006) tonggak sejarah, bagi masyarakat Bantul khusunya, Peristiwa 2006 lalu, momentum merubah mindset masyarakat kita," ujarnya.

Diakuinya merubah cara berfikir masyarakat untuk paham mengenai wilayahnya merupakan lokasi rawan bencana tidak mudah.

Perlu usaha bersama untuk masyarakat sadar tentang bencana. "Ada dua masalah yakni budaya dan ekonomi. Kita terus berupaya menyadarkan masyarakat,"ucapnya. (K125-17)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com