Kesiapan Tol Solo-Ngawi Hadapi Arus Mudik, dari Pasang Gardu Satelit hingga Antisipasi Kemacetan di Pintu Tol

Kompas.com - 27/05/2019, 09:28 WIB
Direktur Utama (Dirut) PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN) Ari Wibowo ditemui di Kantornya Ngemplak, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (24/5/2019). KOMPAS.com/LABIB ZAMANIDirektur Utama (Dirut) PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN) Ari Wibowo ditemui di Kantornya Ngemplak, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (24/5/2019).


SOLO, KOMPAS.com - PT Jasa Marga Solo Ngawi (JSN) memastikan kesiapan ruas Tol Solo-Ngawi dalam menghadapi arus mudik Lebaran 2019.

Jalan bebas hambatan sepanjang 90,34 kilometer itu telah beroperasi penuh untuk menampung puluhan ribu kendaraan setiap harinya.

Direktur Utama PT JSN Ari Wibowo mengatakan, peningkatan kendaraan arus mudik akan mulai terlihat di ruas Tol Solo-Ngawi pada H-7 Lebaran.

Diperkirakan, jumlah kendaraan melewati jalan tol setiap harinya mencapai 31.000 kendaraan.


Kemudian, pada puncak arus mudik, Jumat (31/5/2019) dan Sabtu (1/6/2019) atau H-5 dan H-4 Lebaran, diperkirakan kendaraan yang melewati jalan bebas hambatan bagian dari Trans Jawa tersebut mencapai 41.000 per hari.

Baca juga: Tim Mudik Gesit Kompas: 2 Juta Kendaraan Bakal Padati Tol Tangerang Merak, Ini Strategi Pengelola Antisipasi Macet

"Puncaknya nanti mungkin bisa mencapai 41.000 kendaraan per hari," kata Ari, Senin (27/5/2019).

Karena itu, sambung Ari, untuk memantau pergerakan arus lalu lintas kendaraan mudik Lebaran, akan ditambah sebanyak 14 gardu satelit di gerbang tol Colomadu dan Ngemplak.

Menurut Ari, gerbang tol Colomadu dan Ngemplak akan menjadi akses utama kendaraan, baik dari arah barat maupun timur untuk menuju ke arah Solo maupun Yogyakarta.

"Kami tambah sembilan gardu satelit di gerbang tol Colomadu dan lima gardu satelit di gardu tol Ngemplak. Sebelum H-7 gardu satelit ini sudah aktif," ujar dia.

Ari melanjutkan, ada enam rest area (tempat istirahat) yang disediakan di sepanjang ruas Tol Solo-Ngawi.

Di samping sebagai tempat beristirahat mengisi bahan bakar minyak (BBM), pemudik juga dapat melakukan top up atau penambahan saldo kartu elektronik.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X