Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layani Arus Mudik, Daop III Cirebon Siagakan 482 Personel

Kompas.com - 26/05/2019, 12:13 WIB
Muhamad Syahri Romdhon,
Krisiandi

Tim Redaksi

CIREBON, KOMPAS.com – PT Kereta Api Daerah Operasional (DAOP) III Cirebon Jawa Barat menggelar apel gelar pasukan angkutan arus mudik dan balik 2019, Minggu (26/5/2019).

Sebanyak 482 personel gabungan dari petugas internal KAI, POLRI juga TNI disiapkan guna menangani arus mudik Lebaran 2019.

Tamsil Nurhamedi, Vice Presiden PT KAI Daop III Cirebon menyampaikan, personel gabungan tersebut terbagi dalam beberapa tim.

Sebagian tim siaga di sekitar area stasiun, sebagian lainnya terus bergerak di tiap titik.

Baca juga: Cegah Kemacetan, Sejumlah U-turn di Karawang Ditutup Selama Musim Mudik

“Secara internal kereta api ada 368 personel, polsuska, security termasuk seluruh staf, itu ada 368. Nah khusus untuk angkutan lebaran nanti ada tambahan 96 tambahan bantuan dari TNI dan POLRI, temasuk K9,” kata Tamsil usai gelar pasukan.

Sebanyak dua ekor anjing pelacak polisi satwa (K-9) berasal dari Polda Jawa Barat. Masing-masing akan ditempatkan di Stasiun Kejaksaan dan Stasiun Prujakan.

Satwa tersebut bertugas melacak keberadaan barang-barang mencurigakan, membahayakan, dan obat-obatan terlarang.

Dalam gelar pasukan tahun ini, PT Kai Daop III Cirebon menargetkan empat hal utama, antara lain, keselamatan tanpa kecelakaan, keamanan dan kenyamanan, pelayanan yang utama, dan terakhir peningkatan jumlah penumpang.

Baca juga: 150.000 Kendaraan Diprediksi Melintasi Tol Trans Jawa Setiap Hari Saat Musim Mudik

“Pak Dirut sudah mencanangkan lebaran tahun ini super sukses. Apa saja? Keselamatan zero accident, keamanan rasa nyaman penumpang harus dijaga, service excellent, dan harapannya volume penumpang dan pendapatan naik,” tambah Tamsil.

Tamsil menyebutkan, penempatan personel juga disebar di sejumlah titik di jalur wilayah daop III Cirebon. Mereka disiagakan untuk memastikan angkutan arus mudik dan balik tahun 2019 berlangsung aman dan nyaman.

Kompas TV Kabar gembira bagi anda yang ingin kembali ke kampung halaman. Saat mudik lebaran tarif tol didiskon sebesar 15%. Diskon tarif sebesar 15% berlaku untuk seluruh ruas tol di Indonesia. Diskon tarif tol ini bisa didapatkan pemudik yang akan berangkat ke kampung halaman lebih awal. Dengan pemberian diskon ini diharapkan kepadatan kendaraan saat puncak arus mudik bisa terdistribusi. Diskon tarif tol sebesar 15% diberlakukan saat arus mudik dan arus balik lebaran. Saat mudik lebaran diskon diberlakukan mulai 27 hingga 29 Mei 2019. Sedangkan arus balik lebaran berlaku mulai tanggal 10 hingga 12 Juni 2019. #DiskonJalanTol #MudikLebaran
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com