Ini Stasiun yang Dilewati Saat Mudik Naik Kereta Jakarta-Surabaya Via Jalur Utara

Kompas.com - 25/05/2019, 15:45 WIB
Sejumlah penumpang menunggu Kereta Api Sawunggalih dari Stasiun Cirebon menuju Stasiun Pasar Senen, Sabtu (18/5/2019). Pada masa angkutan lebaran tahun 2019, PT KAI Daop III Cirebon menambah sebanyak 4.7 persen kuota tempat duduk dari tahun lalu. Kompas.com/ MUHAMAD SYAHRI ROMDHON Sejumlah penumpang menunggu Kereta Api Sawunggalih dari Stasiun Cirebon menuju Stasiun Pasar Senen, Sabtu (18/5/2019). Pada masa angkutan lebaran tahun 2019, PT KAI Daop III Cirebon menambah sebanyak 4.7 persen kuota tempat duduk dari tahun lalu.

KOMPAS.com - Mudik ke kampung halaman menjelang Lebaran sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia dari tahun ke tahun.

Ada banyak pilihan dan cara yang bisa dilakukan oleh pemudik untuk bisa kembali ke kampung halaman. Berbagai macam moda transportasi juga tersedia, baik itu pesawat, kereta api, kapal laut, bus maupun kendaraan pribadi.

Jika Anda berada di Jakarta dan ingin mudik ke Surabaya menggunakan kereta, ada dua jalur yang bisa dipilih yakni utara dan selatan.

Berikut adalah Stasiun dari Jakarta-Surabaya yang dilewati jika melalui jalur utara Jawa:

1. Daerah Operasi 1 Jakarta

Perjalanan akan bermula dari Daop I Jakarta. Pada Stasiun ini terdapat stasiun utama yang akan dilewati yakni, Stasiun Gambir, Jatinegara, Manggarai, dan Karawang.

Perjalanan bermula dari Stasiun Gambir, Gondangdia, Cikini, Manggarai, Jatinegara, Cipinang, Klender, Klender Baru, Cakung, Rawa Bebek, Kranji, Bekasi, Bekasi Timur, Tambun, Cibitung, Cikarang, Lemahabang, Tanjung Baru dan Stasiun Kedunggedeh di Karawang.

Setelah dari itu, lanjut perjalanan menuju Stasiun Karawang, Klari, Kosambi, Dawuan, dan batas terakhir Daop I adalah Cikampek.

Baca juga: Mudik Naik Kereta Jakarta-Surabaya Jalur Selatan? Ini Stasiun yang Dilewati

2. Daerah Operasi III Cirebon 

Dari Daop I, perjalanan akan dilanjutkan menuju Daop II wilayah Cirebon. Pada daerah ini, terdapat dua stasiun utama yang dilewati yakni Stasiun Cirebon dan Jatibarang.

Perjalanan dari Stasiun Cikampek menuju Stasiun Tanjung Rasa, Pabuaran, Pringkasep, Pasir Bungur, Cikaum, Pagaden Baru, Cipunegara, Haurgeulis, Cipedong, Cilegeh, Sukamelang, Kadokan Gabus, Terisi, Telaga Sari, Jatibarang, Kertasemaya, Kaliwedi, Arjawinangun, Bangoduwa, Cangkring, dan Cirebon.

Setelah Stasiun Cirebon akan lanjut menuju Stasiun Waruduwur, Babakan, Bedilan, Losari, Tanjung, Bulakkamba, Klapok, dan berakhir adalah Stasiun Brebes untuk Daop III.

Hampir sama dengan jalur selatan, perbedaan di jalur utara yakni setelah Stasiun Cirebon akan melintasi Stasiun Waruduwur, Babakan hingga menuju Stasiun Brebes.

3. Daerah Operasi IV Semarang

Setelah melewati Stasiun Brebes, perjalanan akan memasuki Daop IV Semarang. Di daerah operasi ini, setidaknya ada stasiun utama yang dilewati yakni Stasiun Tegal, Pekalongan, Semarang Poncol, dan Tawang.

Halaman:


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Terkini Lainnya


Close Ads X