Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mimpi Bripka Herman, Si Polisi Viral Aksi 22 Mei, Akhirnya Terwujud

Kompas.com - 24/05/2019, 16:31 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana,
Rachmawati

Tim Redaksi

PURWOREJO, KOMPAS.com - Bripka Herman Hadi Basuki, operator PLD Sub Bagian Humas Polres Purworejo, Jawa Tengah, sosok yang ada di balik video viral pencegahan aksi 22 Mei akhirnya bertemu dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Video pertemuan Bripka Herman diunggah di akun instagram pribadi Bripka Herman, yakni @herman_hadi_basuki pada Kamis (24/5/2019) dengan judul Bertemu Idola.

Bripka Herman juga menulis caption "Kanggo dulur2 paran sing arep mudik, Eling Pesenne pak Gubernur Idola @ganjar_pranowo" (Untuk saudara-saudara perantau yang mau mudik, ingat pesan Pak Gubernur idola Ganjar Pranowo).

Baca juga: Cerita Bripka Herman, Sosok Polisi dalam Video Viral Pencegahan Aksi 22 Mei

Dalam video yang berdurasi satu menit itu, Bripka Herman yang lebih dikenal dengan panggilan Pak Bhabin (Bhabinkamtibmas) mengenakan helm khasnya dan sedang berdialog dengan Ganjar. Dengan gaya kocak, Bripka Herman bertanya apakah Ganjar sedang berpuasa atau tidak.

Pertanyaan tersebut juga dijawab dengan bercanda oleh Ganjar yang menggunakan batik berwarna coklat.

"Yo puoso. Rumungsomu arep mbok ajak madyang opo piye, (Ya puasa. Menurutmu mau diajak makan gimana)", kata Ganjar sambil tertawa.

Baca juga: Viral Anggota Brimob yang Dikira Impor dari China, Ini Klarifikasi Polda Sulut

Bripka Herman juga sempat bertanya apakah ada pesan dari Ganjar untuk para pengikutnya di media sosial. Orang nomor satu di Jawa Tengah itu pun berpesan agar pemudik tidak naik sepeda motor, tetapi lebih baik naik kendaraan umum.

"Masyarakat yang mau Lebaran, jangan naik sepeda motor. Sampeyan bisa naik kapal laut, sepeda motor ditumpakne kapal laut. Itu dari Pak Menteri Perhubungan. Numpak sepur. Ada tiga rangkaian dari provinsi. Ada ratusan bus yang nanti insya Allah tanggal 1 kita lepas," pesannya.

"Nek kepekso numpak motor ojo lali nggawe helm (Kalau terpaksa naik motor jangan lupa pakai helm). Tertib lalu lintas. Ada Pak kapolres lho," sambungnya sambil menunjuk Kapolres Purworejo AKBP Indra Kurniawan Mangunsong yang berdiri di sebelahnya.

Baca juga: Kronologi Penyekapan Istri Ketua KPU Cianjur

Setelah diunggah selama 24 jam, video tersebut telah ditonton sebanyak 30,3 ribu kali dan dikomentari oleh 239 orang. Sementara di akun twitter pribadinya, Ganjar Pranowo juga sempat meretweet foto dan vlog kebersamaannya dengan Bripka Herman di Purworejo.

Saat dihubungi Kompas.com, Herman mengaku senang akhirnya bisa bertemu gubernur idolanya, Kamis (23/5/2019) kemarin. Kebetulan saat itu Ganjar sedang berkunjung ke Purworejo untuk roadshow pengecekan kesiapan Lebaran 1440H/2019.

"Iya senang bisa ketemu, sebelumnya saya dikasih tahu Pak Kapolres kalau Pak Ganjar mau ketemu saya. Terus ketemunya juga sama Pak Kapolres," ungkapnya.

 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Kanggo dulur2 paran sing atep mudik, Eling Pesenne pak Gubernur Idola @ganjar_pranowo . . @hms_poldajateng @indra_k._mangunsong @polisi_indonesia

A post shared by Herman Hadi Basuki (@herman_hadi_basuki) on May 23, 2019 at 12:00am PDT

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com