Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Berpenumpang 6 Nelayan Tenggelam di Perairan Maluku Tengah

Kompas.com - 24/05/2019, 07:41 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


AMBON, KOMPAS.com - Sebuah kapal bernama KLM Anugerah Mulia yang mengangkut enam orang nelayan dilaporkan tenggelam di Perairan Nusa Laut, Kabupaten Maluku Tengah, Kamis (23/5/2019).

Kepala Kantor SAR Ambon, Muslimin mengatakan, pihaknya mendapatkan laporan insiden kecelakaan tersebut setelah mendapatkan informasi dari pemilik kapal bernama La Madu.

“Kami dapat informasi kecelakaan kapal tersebut pada 17.00 WIT tadi sore,” kata Muslimin, kepada wartawan, di kantornya, Kamis malam.

Baca juga: Kapal Nelayan Berpenumpang 6 Orang Hilang di Perairan Manokwari

Adapun keenam penumpang yang berada dalam kapal tersebut yakni Andi Malik (40) nahkoda, Usama (20), Saidin (18), Labanjir (31), Sifa (26) dan Mas (62).

Pihaknya belum mengetahu pasti penyebab kapal tersebut tenggelam. Namun, saat kecelakaan tersebut terjadi, kondisi laut sangat tidak bersahabat karena gelombang yang tinggi.

“Kami dapat informasi kalau para nelayan ini hanya bertahan dengan perahu sampan di tengah terpaan gelombang yang tinggi,” ujar dia.

Setelah mendapatkan laporan tersebut, pihaknya langsung mengerahkan regu penyelamat ke lokasi kejadian untuk melakukan pencarian.

Meski begitu, lanjut Muslimin, kapal KN Bharata milik SAR yang dikerahkan tidak bisa menembus lokasi yang diduga sebagai tempat tenggelamnya kapal karena cuaca yang buruk.

“Tim sudah ke sana dengan KN Bharata tapi tidak bisa sampai ke tujuan karena gelombang sangat tinggi mencapai 4 meter,” kata dia.

Baca juga: Lima Korban Kapal Tenggelam di Sungai Kapuas Dievakuasi, 4 Masih Hilang

Selain kecelakaan di perairan Maluku Tengah, pihaknya juga masih terus mencari seorang nelayan yang dilaporkan hilang di peraiaran Arafuru tiga hari lalu.

Hingga saat ini, nelayan tersebut belum juga ditemukan. “Untuk nelayan hilang di Laut Arafuru itu sampai saat ini belum juga ditemukan,” ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com