Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PNS Riau Diminta Sisihkan Gajinya agar Pegawai Honorer Dapat THR

Kompas.com - 23/05/2019, 23:25 WIB
David Oliver Purba

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Tenaga harian lepas (THL) atau pegawai honorer di lingkungan Pemprov Riau dipastikan tidak akan mendapatkan tunjangan hari raya (THR) pada Idul Fitri tahun ini.

Kabar kurang mengenakan bagi pegawai honorer tersebut disampaikan langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau, Ahmad Hijazi, Rabu (22/5/2019).

"Sampai saat ini kami belum bisa memberikan THR kepada pegawai Honorer. Karena sejauh ini tidak ada dasar hukum atau kebijakan pemerintah terkait pembayaran THR kepada pegawai honorer," katanya.

Baca juga: Tingkatkan Pelayanan, Disnakertrans Jabar Buka 6 Posko Pengaduan THR

Untuk mengurangi beban para pegawai honorer karena tidak mendapatkan THR, Ahmad Hijazi berharap kepada aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau agar bisa menyisihkan sedikit rezekinya untuk para pegawai honorer.

Sehingga para pegawai honorer juga bisa mendapatkan THR yang dikumpulkan dari para ASN.

Sebab selain akan menerima THR, para ASN juga mendapatkan gaji 13 dan tambahan penghasilan pegawai (TPP).

Sehingga tidak ada salahnya jika sebagian rezekinya tersebut dibagikan kepada para pegawai honorer.

"Iya, kita berharap ASN bisa berbagi dengan THL. Nantikan PNS dapat THR, jadi kalau ada rezeki berlebih, kalau bisa berbagilah dengan tenaga honorer," imbuhnya.

Baca juga: THR PNS Baru Cair Sebagian, Nilainya Rp 10 Triliun

Ahmad mengatakan, untuk pembayaran THR ASN Pemprov Riau akan dilakukan sebelum cuti bersama atau paling lambat sebelum tanggal 30 Mei 2019.

Untuk itu pihaknya meminta kepada para ASN untuk bersabar.

"Secepatnya kita bayar THR ASN. Kan paling cepat tanggal 24, Insya Allah sebelum tanggal 30 atau sebelum cuti bersama," katanya.

Ia meminta Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Riau untuk menyiapkan dan memproses pencairan THR ASN tersebut.

Sehingga pembayaran THR bisa dilakukan tepat waktu dan bisa digunakan oleh para ASN untuk membeli kebutuhan lebaran nanti.

"Saya sudah perintahkan kepala BPKAD untuk memproses, kemudian kita minta kepada masing-masing OPD untuk menyampaikan permintaan pencairannya segera," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunpekanbaru.com dengan judul: Tenaga Honorer Pemprov Riau Tahun Ini Tidak Terima THR, Ini Penyebabnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com