Jelang Lebaran, 1 Perusahaan Ekspedisi Bisa Kirim 20.000 Paket Per Hari

Kompas.com - 23/05/2019, 20:16 WIB
Ilustrasi hadiahefetova Ilustrasi hadiah

KARAWANG, KOMPAS.com - Memasuki Ramadhan dan menjelang Idhul Fitri 1440 Hijriah, pengiriman paket semakin melonjak. Hal ini didukung makin pesatnya e-commerce.

Kepala Cabang JNE Kabupaten Karawang, Andre Nurdjianto mengatakan, menjelang mudik, jasa pengiriman mengalami peningkatan hingga 40 persen. Pengiriman terbanyak ke Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Setiap hari mencapai 20.000 kiriman. Sedangkan kalau secara nasional bisa mencapai 1 juta kiriman setiap harinya," kata Andre kepada Kompas.com, Kamis (23/5/2019).

Andre mengungkapkan, paket kiriman yang mengalami peningkatan adalah berupa pakaian (fashion), makanan, elektronik, hingga sepeda motor.

Baca juga: Ini 3 Lokasi Kantong Parkir Wisatawan di Yogyakarta Saat Libur Lebaran

 

Sejumlah pengiriman barang lain juga mengalami peningkatan. Bahkan, di Jawa Barat, jumlah pengiriman JNE diprediksi meningkat sebesar 20-30 persen, terutama di wilayah Bandung, Sukabumi, Cirebon, Tasikmalaya, Purwakarta, dan Karawang.

Di Karawang sendiri, kata dia, terdapat layanan JTR atau JNE Trucking yang melayani pengiraman berat minimum 10 kilogram. Setiap hari, layanan ini mengirimkan sekitar 1.800 paket.

"Kalau mau mudik ini memang cukup lumayan. Seperti sepeda motor ini cukup banyak yang dikirim ke kampung halaman," katanya.

Untuk memenuhi layanan itu, JNE meningkatkan performa kerja di sektor penting, yakni IT, SDM, dan infrastruktur yang dilaksanakan di seluruh indonesia.

Baca juga: Seluruh ASN Dilarang Terima Hadiah Lebaran

Biasanya, kata dia, pengiriman barang akan mulai menurun setelah musim mudik dimulai dan setelah lebaran.



Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Close Ads X