Terkait Pembakaran Polsek di Papua, Satu Warga Ditemukan Tewas

Kompas.com - 23/05/2019, 16:29 WIB
Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. AM KamalKOMPAS.com/Dhias Suwandi Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. AM Kamal

JAYAPURA, KOMPAS.com - Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol AM Kamal mengatakan, seorang warga tewas saat terjadi aksi pembakaran Mapolsek Tigi, Kabupaten Deiyai, Papua, pada Selasa (21/5/2019) malam.

Sebelumnya, Kamal menyebut yang dibakar massa adalah Mapolsek Waghete, namun ia meralat bahwa yang dibakar massa ialah Mapolsek Tigi.

Ia mengungkapkan, korban tewas berinisial YM ditemukan cukup jauh, sekitar 5 Km dari lokasi pembakaran.


"Tadi siang sudah dimakamkan satu jenazah sekitar pukul 13.20 WIT dipekarangan Polsek Tigi sesuai dengan kesepakatan yang dikomunikasikan oleh Forkompinda di Deiyai," ujar Kamal, di Kota Jayapura, Kamis (23/5/2019).

Baca juga: Setelah Serang Mapolsek, Massa Ricuh Bakar 2 Ruko di Papua

YM, kata Kamal, tewas karena mengalami luka tembak di bagian kepala. Namun, ia memastikan polisi masih mendalami apakah korban terkait dengan aksi pembakaran Polsek Tigi.

"Ini yang kami masih dalami apakah terkait dengan peristiwa pertama (saat aksi pemalakan) atau peristiwa kedua (pembakaran Mapolsek Tigi) atau ada hal lain," tutur dia.

Kemudian, terkait dengan tiga warga yang menjadi korban tindakan asusila massa, Kamal memastikan mereka diperkosa dan kini sedang diberikan perawatan.

"Untuk tiga korban asusila sekarang sudah dirawat di RSUD Paniai, sedang visum dan diberikan perawatan karena ini traumatik, ini cukup kita sayangkan," kata dia.

Untuk korban pemerkosaan R (40) ibu rumah tangga diperkosa tujuh orang, kemudian FN (10) diperkosa lima orang dan BB (20) diperkosa 10 orang. "Itu sesuai keterangan yang disampaikan korban kepada penyidik," ucap dia.

Untuk menangani ketiga korban pemerkosaan, tim trauma healing dari Polda Papua sedang dalam perjalanan menuju RSUD Paniai.

Kamal juga memastikan bila Kabid Propam Polda Papua telah berada di Deiyai guna memeriksa anggota kepolisian.

Peristiwa pembakaran Mapolsek Tigi, bermula ketika seorang pemuda yang tinggal di Waghete berinisial MD dan dalam keadaan mabuk melakukan aksi perusakan kendaraan dan penganiayaan di Jalan Poros Waghete 2, tepatnya di depan SMP SPPK.

Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

Close Ads X