Pelayat Terus Berdatangan ke Lokasi Pemakaman Ustaz Arifin Ilham di Bogor

Kompas.com - 23/05/2019, 12:42 WIB
Sejumlah pelayat nampak melihat liang lahat yang dipersiapkan untuk mengebumikan jenazah Ustaz Arifin Ilham di komplek Pondok Pesantren Az-Zikra, Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Kamis (23/5/2019) KOMPAS.com / RAMDHAN TRIYADI BEMPAHSejumlah pelayat nampak melihat liang lahat yang dipersiapkan untuk mengebumikan jenazah Ustaz Arifin Ilham di komplek Pondok Pesantren Az-Zikra, Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Kamis (23/5/2019)

BOGOR, KOMPAS.com - Ratusan pelayat dari berbagai daerah terus berdatangan ke lokasi pemakaman Ustaz Arifin Ilham yang berada di komplek Pondok Pesantren (Ponpes) Az-Zikra, Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Kamis (23/5/2019).

Meski jenazah sang ustaz masih belum tiba, namun mereka tak segan untuk menunggu. Mereka terlihat melakukan dzikir dan doa di dalam masjid sambil menunggu kedatangan jenazah.

Kepergian ustaz sekaligus pimpinan Ponpes Az-Zikra itu membawa duka mendalam bagi para sahabat, keluarga, dan juga jemaahnya.


Baca juga: Presiden Jokowi Sampaikan Belasungkawa Wafatnya Ustaz Arifin Ilham

Bagi Anti, salah satu jemaah pengajian Az-Zikra, meninggalnya Arifin Ilham membuat dirinya ikut bersedih. Ia merasa kehilangan sosok ulama yang Istiqomah.

Anti mengaku mendapat kabar sang ustaz telah berpulang ke pangkuan illahi tadi malam sekitar pukul 23.00 WIB dari grup WhatApp.

"Semalam itu pas saya mau tidur setelah selesai tarawih dapat info di grup WA kalau ustaz meninggal. Saya kaget," kata Anti.

Anti mengatakan, pertama kali mengenal sosok Ustaz Arifin Ilham pada tahun 2010. Ketika itu, ia menghadiri kegiatan zikir di Masjid Az-Zikra yang berada di Sentul, Kabupaten Bogor.

Setelah itu, ia kemudian terus mengikuti berbagai kegiatan yang ada di Masjid Az-Zikra, mulai dari pengajian hingga mendengar ceramah-ceramah Ustaz Arifin Ilham.

"Senang aja kalau denger ceramahnya, banyak ilmu yang didapat. Semalam itu pas dapat kabar meninggal, saya mau datang ngelayat ke tempat beliau," ucap warga Slipi, Jakarta Barat ini.

Baca juga: Ustaz Arifin Ilham, Berjuang Melawan Kanker hingga Momen dengan Jokowi dan Prabowo

Sementara itu, jemaah Az-Zikra lainnya, Umsiah mengaku, sempat tidak percaya atas kabar meninggalnya Arifin Ilham. Menurut dirinya, almarhum adalah sosok ustaz yang baik.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X