Penghuni Indekos di Batang Panik Dirazia Petugas BNN

Kompas.com - 23/05/2019, 07:22 WIB
Petugas dari BNNK Batang, Jawa Tengah dan Dinas Kesehatan  saat berada salah satu rumah indekos di Kecamatan Batang Kota, Batang, Jawa Tengah. Kompas.com/Ari HimawanPetugas dari BNNK Batang, Jawa Tengah dan Dinas Kesehatan saat berada salah satu rumah indekos di Kecamatan Batang Kota, Batang, Jawa Tengah.


BATANG, KOMPAS.com - Badan Narkotika Nasional ( BNN) dan Dinas Kesehatan Kabupaten Batang, Jawa Tengah, melakukan sidak ke sejumlah rumah indekos, Rabu (22/5/2019) siang.

Petugas memeriksa satu persatu penghuni indekos diawali di Kecamatan Batang Kota.

Mereka mengambil sampel urine para penghuni indekos yang kebanyakan bekerja sebagai pemandu lagu di tempat karaoke.

Mereka dites urine untuk mengetahui apakah memakai barang terlarang seperti narkoba atau tidak.

Baca juga: Jelang 22 Mei, Polisi di Bekasi Razia di Gerbang Tol

Razia yang digelar siang hingga sore hari ini membuat kaget para penghuni indekos di salah satu lokasi di Kecamatan Batang.

Mereka terlihat panik melihat para petugas sudah berada di depan pintu kamar sambil langsung bertanya identitas.

Tidak jarang petugas kesulitan bertemu para penghuni kos karena mereka enggan membuka pintu.

"Kemarin di tempat karaoke padahal udah dites urine, ini dites lagi. Ya tidak apa-apa sih karena saya juga enggak ngelakuin yang enggak benar," kata YS (23), salah seorang penghuni indekos.

Petugas dari dinas kesehatan langsung mengambil tes urine untuk melakukan tes voluntary counseling and testing (VCT). Tes ini dilakukan untuk mengatahui penghuni kos mengidap HIV atau tidak.

Kepala BNN Kabupaten Batang, Windarto mengungkapkan, razia digelar untuk menekan angka peredaran narkoba di wilayahnya. Sementara, Dinas Kesehatan fokus pada pengidap penyakit menular.

"Kami tidak hanya razia penghuni indekos saja. Ada tempat karaoke kemudian kami juga menyasar terminal melakukan tes urine pada sopir angkutan," kata Windarto.

Baca juga: 5 Fakta Antisipasi Gelombang Peserta Aksi 22 Mei, Bandara Solo Diperketat hingga Razia di Stasiun dan Terminal

Dari dua lokasi tempat indekos di Kecamatan Batang Kota, petugas gabungan memeriksa 20 penghuni. Namun, dari hasil tes urine petugas sementara tidak menemukan pelanggaran penggunaan narkoba.

Namun, untuk hasil VCT, merupakan kewenangan Dinas Kesehatan Batang.

"Kami melakukan razia dari sebelum puasa. Ada satu yang positif ketika dites urine. Namun, ketika pemeriksaan lanjutan, yang bersangkutan sedang mengonsumsi obat dari dokter," ujar dia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X