Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa di Yogyakarta Desak Elit Politik Segera Rekonsiliasi

Kompas.com - 22/05/2019, 20:32 WIB
Wijaya Kusuma,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Para mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Jogja (AMJ), di Yogyakarta, menggelar aksi di simpang tiga UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Rabu (22/5/2019).

Dalam aksinya, para mahasiswa menolak gerakan inkonstitusional dan mendesak para elit politik melakukan rekonsiliasi pascapemilu 2019.

"Kita mendorong para elit politik segera rekonsiliasi. Jangan justru memberikan propaganda negatif yang dapat memecah belah bangsa," ujar koordinator aksi Afrizal Rudolf, di simpang tiga UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Rabu.

Baca juga: Relawan Jokowi-Maruf Serukan Rekonsiliasi Nasional

Disampaikanya, dalam situasi saat ini peran elit politik sangatlah penting untuk mendinginkan suasana. 

Afrizal mengatakan, kerusuhan yang terjadi saat ini adalah bentuk-bentuk reaksioner. Aliansi Mahasiswa Jogja khawatir reaksi tersebut mengarah pada tindakan-tindakan yang inkonstitusional.

Karenanya, lewat aksi ini, pihaknya mengingatkan agar hasil dari pemilu disikapi dengan cara-cara konstitusional.

Baca juga: Rekonsiliasi, TNI Jabat Tangan dengan Warga di Petamburan

Menurutnya memang belum cukup bukti yang cukup jelas. Namun, tanda-tanda sudah semakin nampak. Sebab ada beberapa gesekan dan opini yang berkembang mengarah pada gerakan-gerakan makar.

"Jangan sampai ada gerakan-gerakan atau upaya-upaya untuk memecah belah bangsa. Karena dikhawatirkan akan digunakan beberapa oknum yang lain, ditunggangi untuk memecah belah bangsa," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com