Musim Mudik Lebaran, Bus Tak Laik Jalan Akan Dikembalikan ke "Pool"

Kompas.com - 22/05/2019, 16:26 WIB
Terminal Tipe A Tirtonadi Solo, Jawa Tengah, Rabu (22/5/2019).KOMPAS.com/LABIB ZAMANI Terminal Tipe A Tirtonadi Solo, Jawa Tengah, Rabu (22/5/2019).

SOLO, KOMPAS.com - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surakarta tak segan menilang armada bus angkutan Lebaran yang tak melengkapi surat-surat kendaraan.

Bahkan, pihaknya akan mengembalikan armada ke pool apabila ditemukan bus tak laik jalan pada saat uji kelaikan kendaraan (ram check).

Baca juga: Pastikan Kondisi Tubuh Sehat, Kru Bus Angkutan Lebaran Jalani Pemeriksaan

Koordinator satuan pelayanan Terminal Tipe A Tirtonadi Solo, Joko Sutriyanto mengatakan dalam menghadapi angkutan mudik lebaran semua armada bus harus dalam kondisi laik jalan.

"Ram check ini kegiatannya bersifat rutinitas. Karena semua terminal tipe A harus melakukan ram check kendaraan (bus)," kata Joko ditemui di Terminal Tipe A Tirtonadi Solo, Jawa Tengah, Rabu (22/5/2019).

Dia mengatakan kegiatan ram check yang selama ini dilakukan fokus pada fisik maupun teknis bus. Namun, menjelang lebaran pihaknya akan fokus terhadap para kru bus, aik sopir maupun kondektur.

"Baik dari segi kesehatan, kelaikan jalan maupun fisik. Sebab para kru ini tidak hanya mengoperasikan armada bus, juga membawa penumpang," ujarnya.

Baca juga: Hendak Ikut Aksi 22 Mei, 2 Bus di Tol Madiun-Surabaya Diamankan Polisi

Sebelumnya, Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah III Solo Waskito Diantono menjamin armada bus angkutan mudik Lebaran 2019 di wilayahnya dalam kondisi laik jalan.

Menurut Waskito, pihaknya telah melakukan uji kelaikan kendaraan ke sejumlah PO untuk mengetahui secara langsung terhadap kesiapan armada bus angkutan lebaran.

"Sejauh ini belum kita temukan armada bus yang tidak laik jalan. Hanya ada sedikit beberapa memang harus dievaluasi. Tapi secara umum semuanya sudah memenuhi (laik jalan)," katanya.



Terkini Lainnya


Close Ads X