Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik Lebaran, Jalur Lingkar Nagrek Berlakukan Sistem Dua Arah

Kompas.com - 22/05/2019, 13:55 WIB
Dendi Ramdhani,
Rachmawati

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat akan memberlakukan sistem dua arah di Lingkar Nagreg, Kabupaten Bandung, selama arus mudik dan arus balik pada Lebaran 2019.

"Lingkar Nagreg jadi dua arah sehingga bisa digunakan untuk lalu lintas arah Bandung ke Garut. Sedangkan untuk yang ke Tasikmalaya dan Jateng langsung lurus saja," kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat Hery Antasari, Rabu (22/5/2019).

Baca juga: Jelang Lebaran, Pemeriksaan Kelayakan Angkutan Mudik Dilakukan di Terminal BRPS Pekanbaru

Selain itu, untuk mengurai kemacetan Dishub Jabar juga bakal melakukan rekayasa lalu lintas di wilayah Cileunyi. Menurut Hery, kawasan tersebut merupakan langganan macet lantaran jadi pertemuan dua arus lalu lintas kendaraan yang keluar dari pintu Tol Cileunyi dan arah Cibiru.

"Dua kawasan tersebut perlu dilakukan manajemen rekayasa lalu lintas yang akan dipimpin oleh pihak kepolisian. Nagreg dan Cileunyi ini dipastikan akan menjadi titik langganan kemacetan saat mudik nanti," kata dia. 

Baca juga: Jelang Arus Mudik, Perbaikan Jalur Pantura Gresik-Lamongan Dikebut

Ia mengatakan, rute kendaraan di Cileunyi akan diatur sehingga kendaraan yang keluar dari jalan tol akan memutar di pertigaan Jatinangor sebelum masuk ke Rancaekek.

"Rekayasa lalu lintas di Cileunyi itu ialah kendaraan yang akan berputar balik, dari yang tadinya berputar di depan Rumah Sakit AMC menjadi berputar di depan ITB Jatinangor," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com