Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Buaya Muara Muncul di Perairan Pulau Nusakambangan

Kompas.com - 22/05/2019, 12:10 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Rachmawati

Tim Redaksi

CILACAP, KOMPAS.com - Setelah sempat menghilang beberapa saat, seekor buaya muara kembali muncul di perairan sekitar Pulau Nusakambangan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Kepala Resort Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Cilacap Endi Suryo mengatakan buaya diketahui terlihat kembali di sekitar hutan bakau dekat Pulau Nusakambangan, Selasa (21/5/2019).

"Kelihatan kemarin sore katanya, di hutan bakau pinggiran Nusakambangan arah ke Kampung Laut. Yang lihat orang-orang Solusi Bangun Indonesia (eks PT Holcim)," katanya saat dihubungi, Rabu (22/5/2019).

Baca juga: Buaya Muncul di Perairan Cilacap, Ini Penyebabnya

Endi menduga buaya yang terlihat di sekitar hutan bakau diduga kuat merupakan buaya yang sama di sekitar muara Teluk Penyu, beberapa waktu lalu.

"Kelihatannya sama dengan yang sebelumnya karena yang terlihat hanya satu ekor," ujar Endi.

Endi mengatakan masih akan memantau pergerakan buaya tersebut terlebih dahulu untuk menentukan penanganan lebih lanjut. Lokasi tempat munculnya buaya muara tersebut disebut sebagai habitat buaya sekitar 30 tahun lalu.
Baca juga: Muncul Buaya di Perairan Cilacap yang Meresahkan Nelayan

"Kita masih menimbang, kalau memang perlu ditangkap (maka) akan kami tangkap. Di situ memang habitatnya. Ada Tikungan Buaya namanya, sudah lama hilang. Tapi tiba-tiba ini muncul lagi. Apakah ini lepasan atau bukan kita belum tahu," kata Endi.

Sebelumnya diberitakan buaya sempat terlihat muncul di perairan Cilacap, Jawa Tengah, tepatnya di muara Teluk Penyu dan perairan Pulau Nusakambangan pada Rabu (15/5/2019) lalu.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com