Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hoaks, Pesan WhatsApp Kerusuhan di Pekanbaru pada 22 Mei

Kompas.com - 21/05/2019, 15:47 WIB
Idon Tanjung,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

PEKANBARU, KOMPAS.com - Beredar pesan berantai melalui aplikasi chat WhatsApp terkait aparat yang meminta masyarakat untuk menghindari tempat-tempat keramaian dan pusat perbelanjaaan di enam lokasi di Kota Pekanbaru, Riau, pada 22 Mei.

Dalam pesan tersebut tertulis enam tempat keramaian yang harus dihindari yaitu Ramayana, Mal Pekanbaru, Senapelan Plaza, Plaza Citra, Mall SKA, dan Mall Ciputra.  

"Info A1 dari pihak BIN Dan Densus 88, Polri memberi peringatan agar masyarakat sementara waktu menghindari tempat-tempat ini, pada hari pengumuman KPU tanggal 22 mei 2019," isi pesan tersebut. 

Baca juga: Hoaks Anggota TNI Meninggal karena Cacar Monyet dan Cerita di Baliknya

Dalam pesan tersebut juga terdapat ancaman agar warga jangan keluar rumah karena ada aksi massa, pengeboman, hingga pembunuhan. 

Menanggapi informasi tersebut, Kabid Humas Polda Riau Kombes Sunarto menyampaikan bahwa pesan berantai itu adalah hoaks atau bohong.

"Hoaks, masyarakat enggak usah percaya hoaks," jelas Sunarto dalam pesan tertulis kepada Kompas.com, Selasa (21/5/2019).

Baca juga: [HOAKS] Cacar Monyet Ditemukan di Wilayah Batam

Pada 22 Mei, KPU RI di Jakarta akan mengumumkan hasil rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2019.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com