Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Jalan Baru di Garut Ini Bisa Jadi Alternatif untuk Hindari Macet

Kompas.com - 20/05/2019, 16:22 WIB
Ari Maulana Karang,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

GARUT, KOMPAS.com – Dua ruas jalan baru yang dibangun Pemkab Garut, rencananya akan digunakan saat arus mudik mendatang.

Kedua ruas jalan baru tersebut adalah ruas Jalan Bypass Leles dan ruas Jalan KH Anwar Musaddad.

“Untuk jalan alternatif semua sudah bisa digunakan, dalam waktu dekat akan diujicobakan yang di wilayah Leles,” kata Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna, usai acara peletakan batu pertama pembangunan pintu perlintasan kereta api Bangbayang, Kecamatan Kadungora, Senin (20/5/2019).

Untuk ruas Jalan KH Anwar Musaddad sebenarnya sudah sejak lama digunakan. Namun, ada beberapa kerusakan berupa jalan berlubang dan bergelombang.

Baca juga: Jelang Arus Mudik Lebaran, Jalan Utama Kabanjahe Diperlebar

 

Saat ini, sesuai dengan hasil rapat koordinasi yang dilakukan di Polres Garut, kata Budi, jalan tersebut sudah mulai diperbaiki dan akan siap digunakan saat arus mudik.

Ruas Jalan KH Anwar Musaddad, bisa digunakan untuk menghindari kemacetan di wilayah Kecamatan Tarogong.

Arus kendaraan dari arah Bandung, bisa berbelok ke kiri ke Jalan Anwar Musaddad dan keluar di ruas Jalan Garut-Banyuresmi, untuk kemudian masuk ke ruas jalan Sudirman untuk ke arah Tasikmalaya.

Sementara, ruas Jalan Bypass Leles, sengaja dibangun Pemkab Garut untuk menghindari kemacetan di pusat Kota Leles, tempat pasar tradisional Leles, Alun-Alun Leles hingga beberapa persimpangan jalan yang padat dan aktivitas pulang pergi karyawan pabrik PT Chang Shin.

Jalan Bypass Leles, dimulai dari perbatasan Kecamatan Leles dan Kadungora di ruas Jalan Raya Garut-Bandung (jembatan Cipancar).

Kendaraan dari arah Bandung, bisa langsung berbelok ke kiri untuk masuk ke Jalan Bypass Leles dan akan berakhir di kawasan Tutugan Leles, sebelum jalan menanjak bukit Tutugan.

Beberapa kilometer pertama ruas Jalan Bypass Leles dari arah Bandung, sudah mendapat pengaspalan hingga perempatan jalan raya Leles-Cangkuang.

Namun, setelah itu, ruas jalan sama sekali belum diaspal, meski sudah dilakukan pengerasan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Garut, Uu Saepudin beberapa waktu lalu menyampaikan, ruas jalan Bypass Leles adalah salah satu ruas jalan yang pembangunannya diusulkan dibiayai oleh Pemprov Jabar.

Namun, sayangnya, tahun ini belum bisa dilaksanakan oleh Pemprov Jabar.

Menurut Uu, ada dua ruas jalan baru yang macet karena pengajuannya belum disetujui Pemprov Jabar dilaksanakan tahun ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com