Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekapitulasi KPU: Prabowo Menang Atas Jokowi di Sulsel, Selisih 691.802 Suara

Kompas.com - 18/05/2019, 20:55 WIB
Himawan,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com - Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, unggul atas pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin du Sulawesi Selatan (Sulsel).

Hasil dari rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan perolehan suara pemilu 2019, pasangan Prabowo-Sandiaga meraih 2.809.393 suara, sedangkan pasangan Jokowi-Ma'ruf memperoleh 2.117.591 suara.

Prabowo-Sandi unggul dengan selisih 691.802 suara dari Jokowi-Ma'ruf.

"Alhamdulillah malam ini hasil rekapitulasi suara sudah rampung tinggal kami tetapkan," kata Ketua KPU Sulsel Misnah M Attas, saat rapat pleno rekapitulasi tingkat provinsi di Hotel Harper, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu.

Baca juga: 3 Imbauan Sandiaga Jelang Pengumuman Pilpres 2019

Dari perolehan suara pilpres di Sulawesi Selatan, total suara sah sebanyak 4.926.984. Sementara jumlah suara yang tidak sah mencapai 98.205 suara, dengan total keseluruhan angka pemilih 5.025.109.

Pasangan Jokowi-Ma'ruf menang di lima kabupaten di Sulawesi Selatan, yaitu Tana Toraja, Toraja Utara, Wajo, Bone, dan Soppeng. Sementara 19 kabupaten/kota yang ada di Sulawesi Selatan dikuasai Prabowo-Sandiaga.

Baca juga: Alasan Sandiaga Tak Setuju Ajakan Arief Poyuono Tolak Bayar Pajak

KPU Sulsel akan mengirim hasil rekapitulasi suara tersebut ke KPU RI. Minggu (19/5/2019).

"Kami akan berangkat besok subuh ke Jakarta. Besok jam 13.00 siang adalah jadwal yang disampaikan KPU RI untuk KPU Sulsel menyampaikan hasil pemilu di Sulsel," ujarnya.

Proses rekapitulasi di Sulawesi Selatan sebelumnya sempat mengalami beberapa penundaan karena ada beberapa kabupaten dan kota di provinsi ini lambat menyetor hasil rekapitulasinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com