Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Alasan Jokowi Minta Fasilitas MotoGP Harus Selesai 2020

Kompas.com - 17/05/2019, 18:08 WIB
Karnia Septia,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

LOMBOK TENGAH, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta fasilitas yang berkaitan dengan ajang MotoGP agar segera dikerjakan. Seperti diketahui ajang ini rencananya akan digelar di Lombok, NTB, tahun 2021.

Hal ini disampaikan Jokowi disela-sela kunjungan kerja meninjau persiapan penyelenggaraan ajang balap motor dunia MotoGP, di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah.

"Kita juga ingin segera fasilitas yang berkaitan dengan MotoGP 2021 segera dikerjakan," kata Jokowi, Jumat (17/5/2019).

Jokowi berharap pelaksanaan konstruksi dapat dilaksanakan paling lambat Januari 2020. Sehingga tahun 2020 semua fasilitas yang diinginkan MotoGP sudah siap.

Baca juga: Sambut MotoGP 2021 di Mandalika, NTB Siapkan SDM yang Kompeten

"Sehingga mereka yakin dan kita harapkan di 2021 bisa melihat bersama-sama MotoGP diselenggarakan di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia," kata Presiden Jokowi.

Sementara itu, Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M Mansoer, dalam rilisnya kepada Kompas.com mengaku bersyukur Presiden Jokowi mau kembali berkunjung ke Mandalika.

Komitmen pemerintah

ITDC adalah pihak yang bertanggungjawab membangun fasilitas MotoGP di Mandalika, Lombok. 

"Kunjungan Presiden ini merupakan bentuk dukungan dan memberikan semangat bagi kami untuk terus fokus mempersiapkan event balapan MotoGP Mandalika 2021," ujarnya.

Kunjungan Jokowi ke kawasan Mandalika merupakan tindak lanjut dari pertemuannya dengan pihak penyelenggara MotoGP di Istana Bogor pada 11 Maret 2019 lalu.

Baca juga: Kata Presiden Jokowi, 3 Proyek Pendukung MotoGP Rampung 2020

Pemerintah Indonesia menyampaikan komitmen untuk mendukung persiapan infrastruktur penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2021.

Misal, melalui penyiapan akses jalan langsung dari Bandara International Lombok ke The Mandalika.

Selain itu, akan dilakukan pula perpanjangan lintasan pesawat (runway) di Bandara Internasional Lombok (BIL), pengembangan pelabuhan Gili Mas menjadi cruise terminal, serta infrastruktur di sekitar kawasan.

Terkait persiapan pembangunan street circuit Mandalika, saat ini sudah dilaksanakan sejumlah kegiatan antara lain survey lokasi, topografi, pemasangan pagar, land clearing, serta penyusunan desain sirkuit (homologasi).

Baca juga: Jokowi Pastikan Indonesia Siap jadi Tuan Rumah MotoGP 2021

Setelah proses homologasi selesai, kemudian akan dilanjutkan dengan proses penyusunan DED (Detailed Engineering Design).

Pembangunan badan jalan sendiri ditargetkan dapat dimulai pada Oktober 2019 dan ditargetkan selesai pada Triwulan II 2020.

Selanjutnya, Vinci Construction Grand Projects (VCGP), investor Kompleks Street Circuit Mandalika, akan melanjutkan penyelesaian street circuit sehingga bisa digunakan pada 2021.

“Kami berkomitmen untuk mewujudkan gelaran MotoGP Mandalika pada 2021 mengingat event ini bisa menjadi stimulan bagi pertumbuhan perekonomian masyarakat NTB dan Indonesia," ujar Abdulbar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com