Polda Sulsel Kerahkan 1 SSK Brimob ke Jakarta untuk Pengamanan 22 Mei

Kompas.com - 17/05/2019, 14:19 WIB
Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Soendani saat diwawancara di Mapolda Sulsel Jumat (17/5/2019). KOMPAS.com/HIMAWAN Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Soendani saat diwawancara di Mapolda Sulsel Jumat (17/5/2019).

MAKASSAR, KOMPAS.com — Polda Sulsel mengirimkan satu satuan setingkat kompi (SSK) Brimob ke Jakarta untuk membantu pengamanan penetapan hasil Pemilu 2019 yang bakal digelar KPU pada 22 Mei 2019.

Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Dicky Soendani mengatakan, pengiriman pasukan ini atas permintaan Mabes Polri.

Pasukan Brimob ini nanti bakal membantu Polda Metro Jaya dalam mengamankan momentum puncak pengumuman hasil Pemilu 2019.

"Jadi nanti yang mengatur di sana Polda Metro Jaya apakah nanti akan ditempatkan di Monas atau di KPU itu urusannya Polda Metro Jaya. Mereka tetap di bawah kontrol Brimob. Ini permintaan dari Mabes Polri," kata Dicky saat diwawancara di Mapolda Sulsel, Jumat (17/5/2019).


Baca juga: Jelang 22 Mei, Bupati Sumedang Ajak Warga Ikuti Arahan Pemerintah dan Ulama

Dicky mengatakan, pihaknya sudah melepas pasukan Brimob yang akan dikirim ke Jakarta ini. Pasukan ini sebelumnya yang juga melakukan pengamanan saat pemilu hingga rekapitulasi di tingkat provinsi.

Dicky memastikan rangkaian Pemilu 2019 di Sulawesi Selatan tetap aman dan berjalan lancar. Petugas gabungan antara polisi dan TNI memastikan kesiapan itu. 

"Jadi kita tidak usah khawatir, rakyat tidak perlu takut akan ada chaos," katanya.

Terkait warga Sulawesi Selatan yang akan bergabung dalam aksi people power pada 22 Mei mendatang, Dicky mengaku belum mendapatkan kabar.

Ia pun meminta warga Sulsel untuk tidak ikut terpancing dan tetap percaya pada hasil yang dikeluarkan oleh KPU.

"Sampai hari ini saya melihat belum ada pergeseran massa dari Makassar ke Jakarta. Kami mengimbau masyarakat tidak usah ke Jakarta, lebih baik di sini saja karena KPU itu merupakan lembaga negara yang merupakan representasi warga Indonesia," katanya.

Baca juga: Tulis Status Akan Ada 200 Korban Jiwa Saat People Power, Pegawai Honorer Ditangkap

 

Baca tentang
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X