Pembangunan KA Bandara Jalur Kedundang-YIA Mulai Disosialisasikan ke Warga Terdampak

Kompas.com - 17/05/2019, 09:54 WIB
Kereta Api Bandara memang khusus menghubungkan pengguna Bandar Udara Yogyakarta International Airport dengan Kota Yogyakarta. Mereka terhubung antara Stasiun Wojo di Desa Wojo, Kecamatan Bagelen, Purworejo, Jawa Tengah dengan Stasiun Maguwo di Yogyakarta. Jadwal KA ini mengikuti kepadatan penerbangan YIA. Karenanya, di tahap awal ini KA masih lengang karena minim penumpang. KOMPAS.com/DANI JKereta Api Bandara memang khusus menghubungkan pengguna Bandar Udara Yogyakarta International Airport dengan Kota Yogyakarta. Mereka terhubung antara Stasiun Wojo di Desa Wojo, Kecamatan Bagelen, Purworejo, Jawa Tengah dengan Stasiun Maguwo di Yogyakarta. Jadwal KA ini mengikuti kepadatan penerbangan YIA. Karenanya, di tahap awal ini KA masih lengang karena minim penumpang.

KULON PROGO, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan membangun jalur kereta menuju ke bandara Yogyakarta International Airport ( YIA) yang berada di Kecamatan Temon, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

PT KAI berharap pembangunan konstruksinya bisa dimulai tahun 2019 ini.

Pembangunan jalur khusus KA bandara ini kini memasuki tahap sosialisasi pada warga yang dilintasi rel kereta tersebut.

"Tahapan demi tahapan pembangunan sudah mulai jalan. Kemarin sosialisasi (pembangunan rel KA) ke warga," kata Eko Purwanto, Kepala Daerah Operasi VI PT KAI, saat bertandang di stasiun Wates, (16/5/2019).

"Pembangunan dikerjakan Direktorat Jenderal Kereta Api," kata Eko.

Baca juga: Transportasi Dari dan Ke YIA, Bisa Pakai KA Bandara, Damri, hingga SatelQu

Pemerintah sejak awal berniat melengkapi moda transportasi untuk melayani penumpang pesawat maupun pengguna jasa YIA.

Bandara internasiomal Yogyakarta ini sudah beroperasi sejak 6 Mei 2019. YIA diyakini akan diminati, rute bertambah, penumpang meningkat, dan mereka merasa kemudahan akses menuju ke mana oun, termasuk denfan kereta.

KA baru layani 1 penerbangan dari Maskapai Citilink dengan rute HLP-YIA. HLP merupakan bandar udara Halim Perdanakusuma.

Sementara ini, KAI melayani penumpang mengikuti jumlah frekuensi penerbangan dengan KA Bandara. Kereta ini meladeni perjalanan antara Stasiun Maguwo (Yogyakarta) dengan Wojo di Purworejo, Jawa Tengah.

"Kami layani dengan KA bandara," kata Eko.

Baca juga: Cerita Sejumlah Penumpang Citilink yang Ikut Penerbangan Perdana di YIA

Ke depan, PT KAI berkomitmen untuk membangun rute langsung ke YIA. Jalur itu mulai dari Stasiun Kedundang yang berada di Temon, kemudian melewati pasar Glagah, langsung lurus ke YIA.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X