Warga Maluku Bisa Mudik Gratis Gunakan Bus dan Feri, Ini Caranya

Kompas.com - 15/05/2019, 20:06 WIB
Ilustrasi Kapal Jenis Ocean CarrierWIKIMEDIA COMMONS/GNU Free Documentation License Ilustrasi Kapal Jenis Ocean Carrier

AMBON, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Provinsi Maluku melalui Dinas Perhubungan Maluku, menyiapkan program mudik gratis bagi masyarakat yang akan mudik Lebaran ke kampung halaman.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Maluku, Johanes Frans Papilaya mengatakan, pihaknya menyiapkan sarana angkutan berupa kapal laut, kapal feri, dan bus.

Kapal yang akan disiapkan yakni KM Sabuk Nusantara 72 untuk rute Ambon-Namrole-Leksula, Buru Selatan yang rencana diberangkatkan dari Pelabuhan Yos Sudarso pada tanggal 24 Mei.

KM Sabuk Nusantara 71 dengan trute Ambon-Werinama-Kelmuri-Geser-Gorom-Kesui-Teor-Kaimer-Kur-Toyando-Tual-Ambon yang rencananya berangkat pada 25 Mei dari Pelabuhan Yos Sudarso Ambon.


Baca juga: Jelang Mudik, Normalisasi Jembatan dan Pelintasan Kereta Capai 90 Persen

Selanjutnya KM Manusela dengan rute Ambon-Ambalauw-Wamsisi-Namrole-Leksula-Tifu-Waimulang-Manali yang rencananya berangkat pada 28 Mei. Kemudian KM Manusela dengan rute Ambon-Manipa-Kelang-Buano-Taniwel-Wahai-Kobisadar-Bula-Kelimoi-Geser-Gorom, yang rencana berangkat pada 1 Juni.

Berikutnya KM Ngapuludengan rute Ambon-Banda yang rencana berangkat pada 30 Mei.

"Untuk KM Ngapulu ini program mudik gratis dari Bulog," jelasnya kepada wartawan, Rabu (15/5/2019).

Untuk moda transportasi kapal feri. dalam program mudik gratis lebaran tahun ini sejumlah angkutan yang disiapkan yakni KMP Teluk Ambon dengan rute Waai-Kailolo, Maluku Tengah yang akan berangkat dari Pelabuhan Waai pada 31

KMP Samandar lintasan Waai-Umeputih berangkat dari Pelabuhan Waai pada 31 Mei. Kemudian KMP Wayangan lintasan Gala-Namlea pada 1 Juni serta lima kapal feri lintasan Hunimua-Waipirit pada 1 Juni.

Baca juga: Siap Pantau Mudik, Jasa Marga Siaga 26 CCTV di Tol Palikanci

Untuk angkutan darat, pihaknya menyiapkan bus damri bagi pemudik di kawasan Gong Perdamaian menuju pelabuhan peyeberangan Hunimua, Liang pada 31 Mei dan 1 Juni.

Dia meminta bagi masyarakat yang ingin mengikuti mudik gratis agar mendaftarkan diri dengan membawa serta tanda bukti diri berupa KTP, SIM, kartu mahasiswa, kartu pelajar atau kartu keluarga dengan copy-an satu lembar.

“Untuk kapal laut KM Sanus 71, KM Sanus 72, dan KM Manusela, pedaftarannya di kantor Dinas Perhubungan Provinsi Maluku pada 20-24 Mei pukul 09.00-14.00 WIT," katanya.

Sedangkan untuk KM Ngapulu pendaftaran dibuka pada 22 Mei di kantor Bulog Jalan Pantai Waihaong

Kapal feri dari Pelabuhan Waai pendaftarannya dilakukan saat keberangkatan pada 31 Mei.

Sementara kepal feri Pelabuhan Hunimua dan Pelabuhan Galala pendaftaran dilakukan pada 1 Juni.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

Close Ads X