Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi yang Ganjal Truk di Tanjakan Pakai Motornya Diberi Kendaraan Baru

Kompas.com - 15/05/2019, 14:37 WIB
Hendra Cipta,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PONTIANAK, KOMPAS.com – Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono memberikan sepeda motor baru untuk Ipda Tatang, terkait aksinya merelakan sepeda motornya menjadi ganjal truk tronton di Jembatan Kapuas II, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat.

Penyerahan sepeda motor baru itu digelar dalam sebuah apel upacara di Lapangan Jananuraga Polda Kalbar, Rabu (15/5/2019).

Dalam kesempatan itu, Kapolda Kalbar menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih kepada Ipda Tatang karena sudah membawa nama baik kepolisian Kalimantan Barat.

“Terlebih mendapat respons positif dari warganet. Hal itu yang merasakan kita semua, apalagi di situ muncul nama Polresta Pontianak Kalimantan Barat” kata Didi.

Baca juga: Kronologi Polisi Ganjal Truk Gunakan Motornya agar Tak Terjadi Tabrakan Beruntun

“Terima kasih Pak Tatang sudah membawa nama baik Polda Kalbar,” sambungnya.

Didi menjelaskan, aksi heroik Ipda Tatang adalah bentuk sikap diskresi kepolisian. Tindakan diskresi adalah tindakan kepolisian yang serta merta dilakukan dengan pertimbangan kepentingan masyarakat luas.

Menurut dia, walaupun melawan hukum, tapi tindakannya serta merta dilakukan untuk kepentingan keselamatan warga pengendara.

Ipda Tatang tengah menunggangi sepeda motor dinas barunya hasil pemberian Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono, Rabu (15/5/2019)DOK Polda Kalbar Ipda Tatang tengah menunggangi sepeda motor dinas barunya hasil pemberian Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono, Rabu (15/5/2019)

“Salahpun itu menjadi tidak salah, dan itu ada dalam Undang-undang Kepolisian maupun KUHP,” ucapnya.

Baca juga: 5 Fakta Polisi Ganjal Truk di Tanjakan dengan Motornya, Cegah Kecelakaan Maut hingga Peroleh Penghargaan

Sebelumnya, di Jembatan Kapuas II, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, nyaris terjadi tabrakan beruntun antara truk tronton dengan sejumlah sepeda motor dan mobil, Jumat (3/5/2019) sekitar pukul 08.45 WIB.

Namun kecelakaan itu tak terjadi, berkat aksi heroik Ipda Tatang yang menggunakan sepeda motor dinasnya menghentikan laju truk tronton tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com