Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

20 Artis Berebut Kursi DPR di Jabar, Rieke Diah Pitaloka Ungguli Desy Ratnasari dan Angel Karamoy

Kompas.com - 15/05/2019, 05:15 WIB
Dendi Ramdhani,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Sejumlah artis turut serta meramaikan kontestasi Pemilihan Legislatif 2019. "Perang Bintang" terjadi di Provinsi Jawa Barat. Lebih dari 20 artis berebut kursi Senayan.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat telah menetapkan hasil rekapitulasi penghitungan suara Pileg 2019, Senin (13/5/2019) malam. Lantas bagaimanakah nasib para calgleg artis ini?

Daerah Pemilihan (Dapil) I Kota Bandung dan Kota Cimahi menjadi daerah "neraka". Ada sejumlah artis yang berpotensi melenggang ke Senayan, ada pula yang gagal.

Di Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP-P), calon legislatif (caleg) Junico BP Siahaan meraup 69.237 suara. Mantan presenter yang akrab disapa Nico itu menduduki peringkat pertama suara terbanyak di partai berlambang banteng itu.

Baca juga: Di Dapil Neraka Jabar V, Fadli Zon Raih Suara Tertinggi Ungguli Adian Napitulupu

Sementara rekan separtai Nico, artis Kirana Larasati Hanafiah mendapat 32.475 suara.

Untuk Partai Nasdem, presenter Muhammad Farhan jadi caleg dengan suara tertinggi di Dapil I. Farhan mendapat 52.033 suara. Sementara penyanyi jebolan ajang pencarian bakat, Skolastika Citra Kirana Wulan hanya mengoleksi 2.735 suara.

Sementara itu, mantan calon wali kota Bandung yang merupakan politisi Partai Golkar, Nurul Arifin mendapat 35.713 suara.

Nasib kurang baik dialami penyanyi Giring Ganesha Jumaryo (PSI) dan presenter Choky Sitohang (Perindo). Keduanya dipastikan tak lolos ke Senayan setelah PSI tak lolos ambang batas parlemen.

Padahal, keduanya punya raihan suara cukup besar di Dapil I. Giring berhasil mengumpulkan 47.069 suara. Sementara Choky Sitohang mendapat 23.734 suara.

Di Dapil II (Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat), politisi Partai Gerindra Rachel Maryam sukses mengumpulkan 146.636 suara. Ada juga mantan aktor dan wakil gubernur Jawa Barat Dede Yusuf Macan yang mendulang 165.182 suara dari Demokrat.

Di Dapil IV (Kabupaten Sukabumi, Kota Sukabumi) artis dari PAN Desy Ratnasari memperoleh 86.450 suara. Sementara di Partai Nasdem ada Olla Ramlan Tissa yang mendapat 11.599 suara.

Tiga aktor berebut kursi di di Dapil V (Kabupaten Bogor). Dari PAN ada Primus Yustisio yang mendulang 86.983 suara. Sedangkan Tomy Kurniawan dari PKB mendapat 33.988. Lalu pemeran sinetron Jin dan Jun, Sahrul Gunawan dari Partai Nasdem mengumpulkan 14.941 suara.

Untuk Dapil VI (Kota Bekasi, Kota Depok). Sejumlah artis punya suara cukup tinggi. Dari Partai Gerindra ada Fauzi Baadila yang mendapat 63.161 suara. Lucky Hakim yang maju dari Partai Nasdem mendapat 39.696 suara. Sedangkan Angel Karamoy dari PDI-P meraih 48.936 suara.

Bergeser ke Dapil VII (Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Karawang dan Kabupaten Bekasi), artis pemeran "Oneng" dalam sinetron Bajaj Bajuri Rieke Diah Pitaloka (PDI-P) mendulang 169.729 suara. Berbanding terbalik dengan artis Angel Lelga (Perindo) yang mendapat 9.220 suara dan kemungkinan besar tak lolos karena Perindo tak lolos ambang batas parlemen.

Nasib serupa juga dialami penyanyi Charly Vanhoutten (Perindo) yang mengumpulkan 11.529 di Dapil IX (Kabupaten Majalengka, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Subang).

Baca juga: Daftar Caleg Golkar di Dapil Jabar yang Berpotensi Lolos ke DPR

Kegagalan serupa dialami tiga artis yang bertarung Dapil XI (Kota Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Garut).

Istri musisi Ahmad Dhani, Mulan Jameela (Gerindra) diprediksi gagal lolos setelah hanya mendapat 24.192 suara. Ada juga penyanyi Reza Artamevia (Perindo) dan aktor Donny Kesuma (Partai Berkarya) yang dipastikan gagal melaju ke Senayan.

Berikut daftar raihan suara para caleg artis di Jabar:

Dapil I (Kota Bandung dan Kota Cimahi)

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com