Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korban Tenggelam di Danau Masjid Terapung Gedebage Ditemukan Tewas

Kompas.com - 14/05/2019, 17:42 WIB
Agie Permadi,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Tim SAR gabungan akhirnya menemukan Dede Ruhiyat (24), korban tenggelam di Danau Masjid Jami Al Jabar Gedebage Kota Bandung. Dede ditemukan dalam kondisi meninggal.

"Alhamdulillah, benar korban sudah ditemukan jam 16.11 WIB," kata Kapolsek Gedebage Kompol Oesman Imam, saat dihubungi, Selasa (14/5/2019).

Menurut Oesman, Dede ditemukan di titik lokasi dia tenggelam. Pencarian pun dilakukan setelah mengurangi debit air Danau Masjid kurang lebih dua meter.

Baca juga: Cari Korban Tenggelam, Tim SAR Buka Pintu Air Danau Masjid Terapung Gedebage Bandung

Tim SAR gabungan yang terdiri dari Basarnas, Damkar Bandung dan SAR Brimob Polda Jabar melakukan penyelaman dan penyisiran lokasi hingga memasang jaring kawat besi di sekitar pintu air sebagai upaya untuk menemukan korban.

"Saat ini, korban dibawa ke rumah sakit untuk dilakukan visum," kata Oesman.

Sementara itu, Koordinator Humas dan Protokoler Kantor SAR Bandung Joshua Banjarnahor mengatakan, pengurangan debit air tersebut dilakukan untuk memudahkan proses pencarian korban tenggelam. Pencarian manual pun dilakukan usai air Masjid milik Pemprov Jabar itu surut.

"Ternyata didapatnya di dalam lumpur," kata Joshua.

Diberitakan sebelumnya, Dede Ruhiyat (24) warga Dusun Jambu Aer, Sindulang, Kecamatan Ciamanggung, Sumendang tenggelam Senin (14/5/2019) malam pukul 20.00 WIB di danau Mesjid Jammi Al Jabar, Kampung Cimencrang, Kelurahan Cimemcrang, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung.

Baca juga: Saksi: Korban Tenggelam di Kolam Masjid Terapung Gedebage Sempat Kesurupan

Menurut keterangan saksi kepada pihak kepolisian, korban bersama saudara dan rekannya awalnya bermain di pinggir danau sambil memancing.

Akan tetapi gelagat korban berubah ketika pukul 21.30 WIB. Menurut saksi, korban tiba-tiba marah.

Saksi sempat mengamankan korban ke pinggir danau, namun lagi-lagi korban marah sambil membuka baju lalu berenang ke danau dan menghilang ke dalam air.

Setelah kurang lebih 12 jam pencarian, korban pun akhirnya bisa ditemukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com