Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Arus Mudik Lebaran, Jalur Pantura Cirebon Diperbaiki

Kompas.com - 14/05/2019, 17:19 WIB
Muhamad Syahri Romdhon,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

CIREBON, KOMPAS.com – Jalur Pantura di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, mulai diperbaiki, jelang arus mudik Lebaran, Selasa (14/5/2019).

Sejumlah ruas jalan yang mengalami rusak, berlubang, hingga gelombang, dibongkar dan dilapisi kembali dengan aspal yang baru.

Proses pekerjaan itu ditemui di Jalur Pantura Desa Arjawinangun, Kecamatan Arjawinangun, Kabupaten Cirebon. Sejumlah pekerja tampak memperbaiki ruas jalur mudik dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah.

Baca juga: Kondisi Jalur Pantura di Perbatasan Jabar dan Jateng Masih Ditemukan Rusak 

Mereka membongkar aspal yang mengalami kerusakan. Para pekerja membongkar dengan panjang jarak kedalaman sekitar sepuluh sentimeter. Sementara panjang aspal yang dibongkar bervariasi bergantung tingkat kerusakan.

Kepala mandor dari kontraktor Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) Jaja mengatakan, proses pengerjaan dikerjakan dari Kabupaten Indramayu menuju Cirebon.

Dia bertugas memperbaiki sejumlah titik kerusakan dengan panjang tugas area sekitar 30 kilometer.

Jenis perbaikan yang dia tangani adalah patching atau membongkar aspal yang sebelumnya sudah mengalami kerusakan berupa lubang atau bergelombang. Aspal tersebut diangkat dan kembali dilapisi dengan aspal baru.

Baca juga: Aspal dan Median Jalan Pantura Rusak, Ancam Keselamatan Pemudik Lebaran

Kerusakan itu disebabkan karena aspal tidak kuat menahan muatan yang melebihi batas standar.

“Ini jalur mudik. Jenis perbaikan patching atau menggali yang lubang-lubang yang bergelombang kita kupas. Terus kita timbun lagi hingga baik. Agar pemudik lebih aman dan nyaman, dan tidak ada kecelakaan,” kata Jaja.

Jaja mengatakan, perbaikan di jalur pantura ini sudah dimulai sejak awal Mei. Dia menargetkan seluruh aspal yang berlubang di jalur mudik pantura selesai pada sepuluh hari menjelang Idul Fitri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com