Caleg Demokrat Ibas Raih Suara Terbanyak di Dapil Jawa Timur

Kompas.com - 14/05/2019, 14:50 WIB
Ketua Fraksi Partai Demokrat, Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas), saat memberikan sambutan pada acara Saweu Aceh di Gedung Olah Seni Takengon, Aceh Tengah, (Jumat (21/9/2018). KOMPAS.com/ Iwan BahagiaKetua Fraksi Partai Demokrat, Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas), saat memberikan sambutan pada acara Saweu Aceh di Gedung Olah Seni Takengon, Aceh Tengah, (Jumat (21/9/2018).


SURABAYA, KOMPAS.com - Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) tercatat sebagai caleg dengan perolehan suara tertinggi dari daerah pemilihan Jawa Timur.

Di posisi kedua disusul adik Bupati Bangkalan, R.Imron Amin, dan Mantan Bupati Probolinggo 2 periode, Hasan Aminudin. Ketiganya dipastikan melenggang ke Senayan.

Ibas yang juga putra kedua Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu meraup suara 263.510 suara, dari dapil Jatim 7 meliputi Kabupaten Ngawi, Trenggalek, Ponorogo, Pacitan, dan Magetan.

Baca juga: Caleg Demokrat Ibas hingga Dede Yusuf Lolos ke DPR, Ferdinand Hutahaean Gagal


Dengan perolehan suara di kampung halamannya tersebut, berdasarkan hasil rekapitulasi suara Pileg 2019 KPU Jatim yang diolah menggunakan metode hitung Pileg 2019 oleh SCG Research and Consulting, Ibas dipastikan kembali terpilih menjadi anggota DPR RI dari Partai Demokrat.

Di dapil tersebut, PDI-P meloloskan mantan juru bicara presiden Jokowi, Johan Budi. Sementara aktivis Budiman Sujatmiko tumbang di dapil tersebut dengan perolehan 48.806 suara.

Caleg dengan perolehan suara tertinggi kedua dari Jawa Timur diraih R. Imron Amin dengan perolehan 242.437 suara.

Adik bupati Bangkalan, R Abdul Latif Amin Imron itu maju melalui Partai Gerindra dari dapil Jatim 11 meliputi 4 daerah wilayah Madura yakni Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep.

Baca juga: Hanya 8 Caleg Dapat Suara di Kabupaten Paniai Papua, Parpol Nyatakan Tolak Hasil Pleno
Sementara caleg dengan suara tertinggi ketiga, juga berasal dari dapil Madura. Caleg PPP Ach Baidowi, berhasil meraih 227.170 suara.

"Di Dapil Madura ada caleg petahana dari Partai Gerindra dengan jumlah suara di atas 208.690, yakni Nizar Zahro. Namun karena kuota Gerindra di dapil tersebut hanya 1 kursi, maka jatah kursi hanya untuk R Imron Amin," kata Direktur SCG Research and Consulting, Didik Prasetiyono, Selasa (14/5/2019). 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X